Saat peradangan jerawat sembuh, ternyata permasalahan kulitmu tidak berhenti sampai di situ. Pasalnya, jerawat yang membaik biasanya akan meninggalkan bekas jerawat merah yang populer dengan sebutan bekas jerawat PIE.

Sebenarnya, apa itu noda jerawat PIE? Kenali bekas jerawat ini dengan mencari tahu ciri-ciri dan penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa memilih langkah yang tepat untuk menghilangkan noda tersebut.

Apa Itu Bekas Jerawat PIE

Apa itu bekas jerawat pie? Ciri, penyebab & cara mengatasi 5

Kondisi kulit berjerawat yang telah berangsur membaik tak jarang menimbulkan bekas berupa bercak berwarna kemerahan atau pink. Bercak inilah yang dikenal sebagai PIE (Post-inflammatory erythema).

Kebanyakan noda ini muncul pada penderita jerawat dengan warna kulit yang terang seperti putih atau kuning langsat. Sebenarnya, bercak ini bisa hilang dengan sendirinya.[1]

Lantas, bekas jerawat PIE hilang berapa lama? Setiap kondisi kulit tentu membutuhkan waktu yang bervariasi. Biasanya bercak kemerahan akan memudar dalam waktu 3 hingga 6 bulan.

Tapi, kamu bisa melakukan beberapa treatment untuk memudarkan bercak tersebut dengan lebih cepat.

Ciri-Ciri Noda Jerawat PIE

Apa itu bekas jerawat pie? Ciri, penyebab & cara mengatasi 6

Jerawat yang telah sembuh akan menimbulkan bekas dengan bentuk dan warna yang beragam. Bekas tersebut bisa berupa bopeng atau noda berwarna merah atau kehitaman.

Adapun ciri dari PIE adalah bercak dengan warna pink, merah, atau ungu. Bercak ini muncul bergerombol di pipi, dahi, maupun dagu.

Hal ini sangat berbeda dengan jenis noda jerawat PIH (post inflammatory hyperpigmentation) yang biasanya membentuk bekas jerawat hitam.

Bercak kemerahan PIE akan semakin nampak jelas jika kamu berkulit putih atau punya tone kulit yang terang. Penderita jerawat dengan kulit berwarna gelap jarang sekali mengalami PIE. Biasanya, bekas jerawat di kulit dengan tone warna gelap akan berupa PIH (post inflammatory hyperpigmentation) atau bercak kehitaman.

Penyebab Bekas Jerawat PIE

Apa itu bekas jerawat pie? Ciri, penyebab & cara mengatasi 7

Post-inflammatory erythema ini kebanyakan penyebabnya adalah jenis jerawat kistik. Meskipun begitu, ada kemungkinan bahwa tipe jerawat lain seperti papula, pustula, dan nodul.

Penyebab utama munculnya PIE adalah peradangan jerawat. Saat inflamasi terjadi, pembuluh darah pada kulit akan melebar. Dalam beberapa kondisi, pembuluh darah juga akan rusak.

Inilah yang mengakibatkan munculnya bercak pink atau kemerahan di muka atau bagian tubuh lainnya. Saat proses penyembuhan jerawat, sel kulit akan banyak yang terkelupas sehingga lapisan kulit akan menipis. Hal ini justru bisa memperburuk kondisi PIE.

Selain inflamasi, PIE juga bisa muncul karena beberapa faktor berikut.

  • Kebiasaan memencet jerawat sehingga mengakibatkan peradangan yang semakin parah.
  • Treatment eksfoliasi berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan juga pembuluh darah.
  • Trauma pada kulit
  • Gangguan kulit seperti dermatitis kontak dan rosacea.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Apa itu bekas jerawat pie? Ciri, penyebab & cara mengatasi 8

Meskipun PIE bisa hilang sendiri tapi hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mencoba berbagai treatment, obat, maupun skincare untuk bekas jerawat PIE.

Ini dia beragam cara menghilangkan bekas jerawat PIE:

1. Obat Oles

Mengaplikasikan salep untuk bekas jerawat PIE akan mempercepat proses memudarnya bercak kemerahan ini.

Namun, pastikan bahwa obat oles atau skincare yang kamu gunakan mengandung zat aktif berikut,

  • Vitamin C

Vitamin C sejak lama dipercaya mampu mengatasi eritema dan juga pigmentasi.[2] Zat ini juga mampu membuat kulitmu lebih cerah.

  • Niacinamide

Kini mudah sekali menemukan skincare pencerah dengan kandungan niacinamide. Sebuah studi bahkan menyatakan bahwa niacinamide lebih aman dan ampuh daripada hidrokuinon dalam mengatasi pigmentasi dan bekas inflamasi (PIE).[3]

Tidak cuma dapat memudarkan bercak noda jerawat, niacinamide juga mampu mengontrol sebum sehingga bisa mencegah munculnya jerawat baru.

  • Hydrocortisone

Zat ini termasuk golongan steroid dan berguna untuk menangani inflamasi. Namun, untuk menggunakan obat ini, kamu harus berkonsultasi dulu dengan ahlinya karena steroid tergolong obat keras.

2. Treatment Klinis

Penggunaan obat luar atau skincare memang tidak menawarkan hasil yang instan. Nah, kalau kamu ingin menghilangkan eritema secara cepat, cobalah beberapa terapi medis berikut.

  • Laser

Kalau tetap tidak ada perubahan setelah penggunaan obat luar, coba lakukan terapi laser di klinik kecantikan. Dokter akan menganjurkan beberapa jenis terapi laser seperti IPL dan juga pulsed dye laser yang memang terbukti efektif untuk memudarkan bercak kemerahan akibat PIE.[4]

  • Microneedling

Selain laser, microneedling juga bisa menjadi alternatif treatment yang aman dan efektif untuk post inflammatory erythema.[5] 

Bahkan terapi ini juga bisa kamu andalkan sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, biasanya terapi ini akan dikombinasikan dengan pemberian antibiotik secara oral dan juga obat oles dengan kandungan tretinoin.

3. Skincare

Mengaplikasikan skincare khusus perawatan bekas jerawat juga dapat menyamarkan PIE. Produk tersebut meliputi cream wajah atau serum untuk bekas jerawat PIE.

Untuk menenangkan kulitmu yang mengalami inflamasi, pilihlah skincare dengan kandungan centella asiatica. Selain itu, produk yang mengandung lidah buaya juga dapat meringankan inflamasi serta meredakan kulit yang memerah.

4. Sunscreen

Saat mengalami eritema, kulit akan menjadi sangat sensitif. Oleh sebab itu, kamu harus melindunginya dari sengatan sinar matahari langsung agar kemerahan pada wajah tidak semakin parah.

Aplikasikan sunscreen pada pagi hari sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Dengan begitu, wajahmu akan senantiasa terlindungi dari UVB yang bisa mengakibatkan sunburn.

Mengaplikasikan sunscreen memang tidak bisa serta merta menghilangkan eritema. Tapi, sunscreen bisa mencegah agar kondisi eritema tidak memburuk.

Meskipun bekas jerawat PIE dapat hilang sendiri, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan berbagai treatment di atas untuk mempercepat proses pemudaran noda jerawat. Tapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya dulu agar dapat menentukan treatment yang paling tepat dan efektif untuk menangani bercak kemerahan akibat jerawat ini.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version