Munculnya flek hitam di wajah, terutama di area pipi memang sangat menyebalkan. Ini karena noda hitam di wajah kerap mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun. Untungnya, kini sudah ada banyak cara menghilangkan flek hitam di pipi yang dapat coba.

Nah, ini dia empat cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu pertimbangkan!

1. Nutrisi Tubuh dengan Makanan yang Mengandung Antioksidan

4 cara menghilangkan flek hitam di pipi, cepat dan aman 5

Flek hitam alias melasma menyebabkan bercak-bercak gelap dan perubahan warna pada kulit. Kabar buruknya, melasma lebih banyak terjadi pada wanita, meskipun ada juga pria yang mengalaminya.[1] 

Lalu apakah flek hitam dapat hilang dengan sendirinya? Sebenarnya, flek hitam bisa hilang. Namun, kamu pun harus membantu prosesnya dengan cara merawat kulit bukan hanya dari luar, namun juga merawat dari dalam. 

Misalnya dengan mengontrol konsumsi makanan. Kalau ingin fokus mengatasi flek hitam, kamu perlu mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi produksi melanin, penyebab utama kenapa kulit wajah mengalami hiperpigmentasi. 

Sumber antioksidan yang paling baik untuk masalah hiperpigmentasi pigmentasi kulit adalah vitamin C. Di samping memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C juga mudah diserap oleh tubuh, sehingga banyak digunakan untuk membantu menyamarkan flek hitam di wajah.[2]  

Nah, kalau kamu ingin mempraktikkan cara alami menghilangkan flek hitam di pipi, ini beberapa superfood yang bisa kamu konsumsi:

  • Buah-buahan kaya vitamin C dan A, seperti jeruk, lemon, pepaya, dan beri-berian.
  • Sayuran seperti kentang, daun kelor, bayam
  • Lidah buaya 
  • Oatmeal
  • Yogurt 
  • Madu
  • Air putih

Kelebihan

  • Buah, sayuran, hingga madu dan air putih adalah jenis makanan yang mudah ditemukan
  • Harga terjangkau
  • Bahan makanan di atas alami dan aman 
  • Tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki masalah kulit, namun juga menyehatkan badan secara keseluruhan

Kekurangan

  • Agar hasil bisa terlihat, butuh proses yang cenderung lama

2. Gunakan Skincare Khusus untuk Menghilangkan Flek Hitam

4 cara menghilangkan flek hitam di pipi, cepat dan aman 6

Selain cara diatas, ada lagi cara menghilangkan flek hitam di pipi yang juga efektif. Kamu bisa memakai serum dan krim khusus yang diformulasikan untuk menyamarkan flek hitam di wajah. 

Saat ini, sudah ada banyak pilihan serum dan cream dari berbagai brand, baik lokal maupun luar negeri, yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, tidak semua produk bisa cocok dengan kulitmu. Itu kenapa sebelum memakai serum dan cream, kamu perlu tahu terlebih dahulu jenis kulit dan juga masalah kulit. 

Jika masalah kulitmu adalah flek hitam, maka carilah  serum atau cream penghilang flek hitam yang memiliki kandungan berikut:

1. Arbutin

Arbutin adalah senyawa hidrokuinon dan D-glukosa yang sudah sejak lama terbukti berguna sebagai pencerah kulit.[3] Ini sebabnya, ada banyak skincare yang mengandung arbutin, karena efeknya yang sangat baik dalam meratakan dan mencerahkan warna kulit.

2. Retinoid Acid

Menggunakan skincare dengan kandungan retinoic acid bermanfaat menyamarkan flek hitam, sekaligus mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.[4] Struktur molekulnya yang kecil memungkinkan zat ini menembus jauh ke dalam kulit dan merawat lapisan di bawah epidermis, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

3. Vitamin C, Kojic Acid, dan Niacinamide

Vitamin C adalah antioksidan alami yang bekerja menghambat melanogenesis. Ini sebabnya, turunan vitamin ini banyak ditemukan dalam skincare pencerah kulit. Sedangkan kojic acid bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi dengan cara menghambat produksi tirosinase. Zat ini juga merupakan antioksidan kuat pencegah penuaan dini.

Sementara itu, niacinamide bekerja dengan cara mengganggu interaksi antara keratinosit dan melanosit, sehingga menghambat melanogenesis. Artinya, niacinamide efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit.[4]

Kelebihan

  • Mudah didapat
  • Formulasi advanced yang lebih efektif untuk kulit 
  • Bisa memilih skincare yang sesuai dengan budget

Kekurangan

  • Biasanya, hasil baru terlihat dalam hitungan bulan 

3. Perawatan Kulit Non-Invasif

4 cara menghilangkan flek hitam di pipi, cepat dan aman 7

Perawatan chemical peeling dan mikrodermabrasi adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam di pipi yang cukup populer saat ini. Secara garis besar, chemical peeling adalah metode ablasi kulit dengan memakai bahan kaustik spesifik.[5] 

Tujuannya adalah agar permukaan kulit terlihat lebih halus, lembut, dan bebas dari flek hitam. Kamu juga mungkin mengenalnya dengan nama eksfoliasi. 

Untuk perawatan mikrodermabrasi, tujuannya sama seperti prosedur peeling, hanya saja tidak menggunakan bahan kimia, namun menggunakan alat. Ini sebabnya, kamu perlu melakukan treatment ini di bawah pengawasan dokter.

Kelebihan

  • Selain populer sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, kamu bisa dengan mudah mencari perawatan ini di klinik-klinik kecantikan.
  • Hasil relatif  lebih cepat dibandingkan menggunakan skincare saja
  • Harga lebih terjangkau dibanding perawatan invasif seperti laser

Kekurangan

  • Perlu budget lebih dibandingkan membeli skincare
  • Untuk hasil maksimal, perawatan perlu diulang beberapa kali atau sesuai saran dokter.

4. Perawatan Invasif

4 cara menghilangkan flek hitam di pipi, cepat dan aman 8

Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di pipi dengan cepat, jika cara alami, memakai bantuan skincare, dan perawatan non-invasif kurang manjur? Kalau kamu ingin melakukan cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam, maka perawatan laser dan cryosurgery bisa jadi solusi.

Laser sendiri adalah cahaya koheren monokromatik yang memiliki intensitas tinggi.[6] Pada umumnya, memang akan ada efek samping seperti kulit kemerahan setelah kamu melakukan perawatan laser. Namun, itu adalah hal yang normal karena laser tidak akan merusak kulit bagian dalam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena sudah pasti aman. 

Selain itu, ada juga cryosurgery yang merupakan proses operasi untuk menghilangkan jaringan kulit yang sakit. Dengan menggunakan suhu ektrem, flek hitam bisa hilang secara instan. 

Kelebihan

  • Proses penyamaran flek hitam sangat cepat. Untuk laser, hasil bisa terlihat dalam beberapa kali prosedur.
  • Untuk cryosurgery, hasilnya bisa lebih cepat.

Kekurangan

  • Harganya mahal, bahkan lebih mahal dari perawatan non-invasif.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di pipi yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Selain itu, jangan lupa untuk memakai tabir surya untuk mencegah flek hitam datang lagi.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version