Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Dari semua jenis kulit itu, jenis kulit sensitif dan kulit berminyak biasanya lebih membutuhkan perawatan yang ekstra. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit wajah sensitif tidak ada salahnya jika mengetahui cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak. Agar kulit wajah kamu bisa terasa bugar dan sehat.

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan sering mengelupas, dan juga terasa perih ketika terpapar zat eksklusif, seperti polusi dan bahan kimia di dalam product kosmetik atau sabun. Oleh karena itu, jenis kulit wajah berminyak rentan pada jerawat, komedo, noda hitam, dan terlihat kusam.

Untuk mempertahankan kondisi kulit wajah tetap sehat, hal penting yang perlu Kamu lakukan adalah merawatnya sesuai dengan jenis kulit. Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dan product perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kedua jenis kulit itu. Nah, pada kesempatan kali ini mamacantik akan memberikan cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak. Untuk itulah simak pemaparan artikel ini.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak

Berikut ini adalah pedoman merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang dapat Kamu coba lakukan:

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Agar wajah kamu tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam. Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlampau kuat. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan.

2. Gunakan Pelembab

cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Oleh karena itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Tetapi, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.

Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang mempunyai kandungan petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-Bahan itu cenderung kondusif dan baik untuk merawat kulit sensitif.

3. Gunakan Tabir Surya Dan Hindari Paparan dari Sinar Matahari Langsung

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama karena dapat memicu kulit semakin sensitif dan mengalami iritasi. Bila Kamu harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari tengah terik, gunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, memakai sandang yang menutupi semua permukaan tubuh, topi lebar, dan kacamata hitam.

4. Pilih Product Perawatan yang Ramah di Kulit

Usahakan untuk menggunakan product yang minim bahan kimia atau punyai formulasi yang tidak membuat iritasi kulit. Hindari menggunakan toner, astringen, dan product perawatan kulit wajah yang mempunyai kandungan alkohol, asam glikolik, dan pewangi.

Lebih baik pilihlah product dengan bahan dasar alami, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi pemanfaatan eksfoliator atau scrub wajah karena bisa sebabkan iritasi pada kulit.

5. Batasi Waktu Mandi

Pemilik kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan memicu wajah menjadi kering. Mandilah dengan air biasa atau air yang sedikit hangat untuk dapat merawat kulit sensitif.

6. Jalani Pola Hidup Sehat

cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu meniti pola hidup sehat untuk mempertahankan kesehatan kulit wajahnya. Cara itu bisa dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, dan juga cukup minum air putih.

Untuk merawat kulit sensitif, Kamu juga perlu menghindari stres dan paparan polusi, misalnya asap rokok, karena kedua hal itu bisa sebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Umumnya, kulit berminyak punya pori-pori yang lebih besar, tampak mengkilap, dan cenderung kusam. Selain itu, kulit wajah berminyak juga mudah berjerawat dan berkomedo. Untuk mengatasi masalah kulit yang dapat muncul implikasi kulit berminyak, kamu dapat mencoba cara merawat kulit wajah berminyak di bawah ini:

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Pemilik kulit wajah berminyak perlu mencuci muka 2–3 kali sehari, yaitu pagi hari setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau ketika wajah banyak berkeringat, dan menjelang tidur malam. Saat mencuci muka, pilihlah sabun wajah berbahan kimia lembut dan punya kandungan gliserin dan juga bebas alkohol.

2. Gunakan Toner Setelah Mencuci Muka

Bila perlu, gunakan toner ke tempat wajah menggunakan kapas setelah mencuci muka untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sisa make up yang kemungkinan masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk mempertahankan ekuilibrium ph kulit wajah.

Jika ingin menggunakan toner, pilihlah product toner yang mempunyai kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. Bahan-Bahan itu efektif untuk kurangi produksi minyak atau sebum di wajah.

3. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Meski mempunyai kulit wajah berminyak, Kamu tetap perlu menggunakan pelembab dan tabir surya, terutama jika ingin beraktivitas di luar rumah. Hal ini penting untuk mempertahankan agar kulit wajah tetap terhidrasi dan menghindar pengaruh buruk sinar matahari yang bisa sebabkan keriput, noda hitam di wajah, dan menambah risiko kanker kulit.

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan product pelembab yang mempunyai kandungan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Untuk menghindar munculnya jerawat, gunakan tabir surya dan pelembap yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioxide dan juga bebas alkohol dan wewangian.

4. Pilih Product Perawatan Khusus untuk Kulit Berminyak

Pilihlah product perawatan kulit wajah atau kosmetik yang berbahan dasar air dan tidak memiliki kandungan minyak. Saat hendak membeli product perawatan kulit wajah atau kosmetik, memperhatikan label kemasan dan carilah product yang berlabel water-based atau oil free.

Selain itu, carilah product berlabel noncomedogenic yang tidak memicu penyumbatan pada pori-pori. Beberapa product perawatan yang baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak, antara lain kertas minyak dan masker wajah yang punya kandungan tanah liat untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah.

Tak hanya masker tanah liat, Kamu juga bisa menggunakan masker kecantikan berbahan alami lain untuk kulit berminyak, seperti masker madu, masker telur dan lemon, masker lidah buaya, masker tomat, dan juga masker almond yang juga baik untuk menanggulangi persoalan kulit berminyak.

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Apapun jenis kulit mu, kamu harus selalu meniti pola hidup sehat. Jika kamu adalah pemilik kulit berminyak, hindari mengkonsumsi makanan tidak sehat, seperti seperti gorengan, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.

Pada dasarnya, setiap perawatan kulit wajah membutuhkan waktu dan konsistensi agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Oleh karena itu, cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak ini perlu dilakukan secara rutin setiap hari.

Jika perlu, konsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan perawatan wajah yang optimal. Nah, itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak jika kamu memiliki kulit waah yang sensitif tak ada salahnya jika mencoba cara diatas.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version