Cara merawat muka berjerawat

Yuk Kenali Cara Merawat Muka Berjerawat

Perawatan muka berjerawat adalah hal yang sangat penting dilakukan bagi pemilik kulit rentan berjerawat. Salah satunya dengan Cara merawat muka berjerawat, karena bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, membersihkan pori-pori, sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat agar tidak semakin parah.

Perawatan muka berjerawat yang tepat bertujuan agar jerawat cepat sembuh dan tidak semakin parah, Perawatan muka berjerawat adalah hal yang penting dijalankan bagi pemilik kulit rentan berjerawat. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan juga mempercepat proses penyembuhan jerawat agar tidak semakin parah.

Kemudian, bagaimana cara merawat muka berjerawat dengan tepat? Keberadaan jerawat di muka memang dapat mengganggu penampilan sampai turunkan rasa yakin diri. Maka dari itu, perawatan muka berjerawat tidak boleh dijalankan secara sembarangan.

Jika salah menerapkan cara merawat muka berjerawat bisa memperparah keadaan kulit dan membuat jerawat semakin meradang. Adapun beraneka perawatan muka berjerawat yang tepat dilakukan adalah sebagai berikut.

Yuk Kenali Cara Merawat Muka Berjerawat

1. Cuci Muka Secara Rutin

Salah satu perawatan muka berjerawat yang tidak boleh terlewati adalah mencuci muka secara rutin. Gunakan sabun cuci muka disesuaikan model kulit. Bagi Kamu yang tengah rutin menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter, pilihlah sabun pembersih muka yang kandungannya ringan, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

2. Cuci Muka dengan Sabun Pembersih Muka yang Ringan

Sedangkan, bagi Kamu yang sedang melakukan pengobatan jerawat dari dokter, gunakanlah sabun cuci muka yang kandungannya lebih lembut dan ringan di kulit.

Hindari mencuci muka dengan sabun yang mempunyai kandungan zat wewangian, alkohol, dan kadar yang terlampau kuat karena bisa membuat kulit muka kering dan iritasi.

Bersihkanlah kulit muka dari debu, kotoran, dan minyak yang menempel secara lembut dan perlahan. Jangan sangat keras membersihkan muka karena bisa membuat jerawat semakin parah. Lalu, keringkan muka menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk kulit secara perlahan.

3. Gunakan Toner Muka

Perawatan muka berjerawat berikutnya adalah menggunakan toner muka. Kamu bisa memilih toner muka disesuaikan tipe kulit muka. Bagi pemilik kulit berminyak, Kamu bisa menggunakan astringent. Toner muka yang bersifat melembabkan (Hydrating toner) bisa digunakan oleh pemilik kulit kering.

Tergantung pada kandungannya, toner muka untuk muka berjerawat dapat membantu menghilangkan produksi minyak berlebih, menghidrasi kulit, sekaligus melawan jerawat. Setelah cuci muka, Kamu bisa menggunakan toner muka dengan cara menuangkannya pada kapas, lalu mengusapkannya pada semua muka sampai leher.

4. Oleskan Pelembab

Perawatan muka berjerawat yang baik jangan sampai lepas pemanfaatan pelembab.

Dikarenakan, pemanfaatan obat jerawat dapat membuat kulit kering agar kelembaban kulit dapat berkurang. Nah, untuk mengurangi risiko kulit muka kering dan mengelupas, sebaiknya selalu oleskan pelembab dengan persentase ringan setiap dua kali sehari.

Bagi Kamu yang mempunyai kulit berminyak dan berjerawat, gunakan pelembab berlabel bebas minyak (Oil free) dan non comedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Pilihlah pelembab dengan tekstur gel atau lotion yang cenderung lebih ringan dibandingkan dengan krim.

5. Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Orang dengan kulit berjerawat kemungkinan menghindari pemakaian sunscreen atau tabir surya di dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Tekstur sunscreen yang cenderung kental atau tebal diakui dapat menyumbat pori-pori agar berisiko menimbulkan jerawat.

Padahal, menggunakan sunscreen yang tepat bisa jadi perawatan muka berjerawat yang tepat. Sejumlah obat jerawat yang Kamu gunakan dapat membuat kulit jadi rentan pada paparan sinar matahari, inilah yang membuat pemakaian sunscreen jadi penting.

6. Gunakanlah sunscreen secara rutin sebelum beraktivitas di luar tempat tinggal

Tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, pemanfaatan tabir surya juga berfungsi untuk menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini dan juga rusaknya kulit.

Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembab setiap sebelum pergi beraktivitas di luar tempat tinggal. Kemudian, Kamu bisa oleskan tabir surya kembali minimal 2 jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

7. Berhenti Melakukan Scrub Muka

Jika kulit terasa berminyak, berdebu, atau kotor, Kamu kemungkinan tergoda untuk jalankan scrub muka guna membersihkannya. Meski dapat menghilangkan noda bekas jerawat, scrub muka sebagai cara merawat kulit berjerawat justru dapat mengiritasi kulit agar memperparah suasana jerawat.

8. Gunakanlah Skincare yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Sebagai perawatan muka berjerawat, Kamu barangkali bertanya-tanya, skincare yang cocok untuk kulit berjerawat itu apa? Skincare yang sangat cocok untuk kulit berjerawat adalah berlabel bebas minyak dan non comedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Kamu juga perlu menggunakan product perawatan kulit dan kosmetik berlabel non-acnegenic atau tidak rentan menimbulkan jerawat.

9. Jangan Memencet Jerawat

Menyentuh atau memencet jerawat seringkali dijalankan oleh banyak orang dengan kulit berjerawat, cara merawat kulit berjerawat ini diakui dapat membuat jerawat mengecil atau menghilang. Faktanya, memencet jerawat justru akan membuat jerawat semakin meradang.

Lebih-lebih, tak sedikit yang malah meninggalkan noda kehitaman bekas jerawat sulit dihilangkan. Oleh karena itu, hindari memencet jerawat untuk menghindari daerah muka semakin meradang atau terinfeksi.

10. Bersihkan Benda-Benda yang Sering Menyentuh Kulit

Sel kulit mati, bakteri, dan kotoran mudah menumpuk pada permukaan benda yang sering menyentuh tempat muka. Misalnya, sarung bantal sampai ponsel. Akibatnya, penyumbatan pori-pori pun bisa jadi tidak dapat dihindari. Jadi, sebaiknya selalu bersihkan ponsel genggam dan juga rutin mengganti sarung bantal setidaknya seminggu sekali untuk menahan penumpukan bakteri penyebab jerawat.

Jika situasi Kamu belum juga membaik setelah menjalankan perawatan kulit berjerawat di atas, sebaiknya langsung temui dokter kulit untuk mendapatkan cara menanggulangi jerawat lebih lanjut.

11. Pakai Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil untuk kulit dapat membunuh bakteri dan menghambat inflamasi.

Pada jerawat yang ringan, Kamu bisa mengoleskan tea tree oil pada kulit dengan tekstur yang encer. Coba dahulu mengoleskannya ke daerah belakang telinga untuk memastikan kulit Kamu tidak mempunyai reaksi alergi.

Akan tetapi, untuk cara menghilangkan jerawat secara alami ini kurang efektif bila digunakan sebagai perawatan kulit berjerawat satu-satunya. Jadi, jika Kamu ingin mencoba bahan alami ini, gunakan sebagai perawatan muka berjerawat topikal dan tidak digunakan pada permukaan kulit yang tidak berjerawat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil Aman Digunakan

12. Hindari Riasan Muka yang Tebal

Bagi Kamu yang sedang berjerawat, alangkah baiknya menghindari riasan muka atau make up tebal setiap hari. Riasan muka yang tebal bisa membawa dampak produksi minyak berlebih dan berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Jika harus menggunakan make up, pilihlah product kosmetik yang bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel noncomedogenic agar tidak memperparah jerawat. Itulah beberapa ulasan Cara Merawat Muka Berjerawat yang bisa Kamu lakukan untuk menjadikan muka Kamu tampak lebih cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *