Kurang tidur memang dapat memicu berbagai masalah kesehatan dalam tubuh, tapi apakah begadang juga menyebabkan jerawat? Faktanya ini benar! Kamu bisa simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui apa saja ciri jerawat begadang dan cara mengatasi jerawat gara-gara keseringan begadang.

Apa Hubungan antara Begadang dengan Jerawat?

4 ciri jerawat begadang dan cara menyembuhkannya 5

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri dan jenis jerawat begadang, kamu perlu tahu dulu kaitan antara kebiasaan begadang serta efek begadang bagi wajah jerawat.

Saat tidak mendapat jatah istirahat sesuai kebutuhan, tubuh akan mengalami stres dan meningkatkan produksi hormon stres yang disebut kortisol. Hormon tersebut ternyata dapat memacu produksi sebum (minyak) berlebihan sehingga menutup pori-pori dan menyebabkan jerawatan.[1] 

Sementara untuk orang yang sebelumnya sudah mengalami masalah jerawat, kebiasaan begadang bakal memperparah jerawat secara signifikan yang berkaitan dengan peningkatan hormon androgen adrenal.

Selain itu, begadang juga berpotensi merusak skin barrier. Pasalnya, kondisi deep sleep saat tidur malam dapat meningkatkan efektivitas regenerasi kulit serta memperkuat skin barrier. Jadi semakin buruk kualitas tidurmu, akan semakin menurun kualitas skin barrier-mu.[2]

Akibatnya kulit akan lebih mudah bermasalah, terutama jerawatan. Jadi apakah begadang bisa menimbulkan beruntusan atau berbagai jenis jerawat yang lain? Secara tidak langsung, memang iya.

Ciri-Ciri Jerawat Begadang

4 ciri jerawat begadang dan cara menyembuhkannya 6

Kalau setelah maraton drakor semalaman atau nongkrong, dan keesokan harinya mendapati wajahmu jerawatan, kemungkinan besar penyebab utamanya adalah begadang. 

Walaupun memang banyak faktor yang menimbulkan jerawat termasuk gaya hidup dan pola makan, tapi begini umumnya ciri-ciri jerawat begadang yang sama dengan ciri jerawat stres :

Jerawat Timbul Tanpa Penyebab

Kalau kamu merasa merasa pola makanmu jauh dari gula berlebih, hidangan siap saji, atau gorengan, jadwal menstruasi juga belum waktunya datang, lalu kenapa tiba-tiba jerawat bermunculan dengan subur di wajah?

Coba cek bagaimana pola tidurmu selama ini! Kalau kurang dari 8 atau 7 jam, sering kali tidur larut malam, atau punya masalah gangguan tidur, kemungkinan besar ini dia biang keladinya.

Jerawat Membesar, Meradang, dan Tumbuh Banyak

Kamu seperti kewalahan menghadapi jerawat yang tiba-tiba banyak bermunculan, meradang, dan membesar dalam waktu singkat. Penyebabnya karena skin barrier alias pelindung kulitmu kinerjanya semakin berkurang. Inilah yang membuat kulit wajah bermasalah.

Skin barrier adalah bagian teratas lapisan kulit paling luar (epidermis) yang bertindak sebagai garda depan pelindung kulit kamu.

Pelindung kulit ini adalah tameng yang terbuat dari ikatan erat lemak, kolesterol, asam lemak, serta protein. Fungsinya adalah melindungi kita dari paparan polusi, sinar UV, dehidrasi, iritasi, peradangan, & infeksi bakteri.[3]

Jerawat Sulit Disembuhkan

Sudah coba berbagai merek obat jerawat tapi wajah masih tetap jerawatan? Ini juga salah satu ciri jerawat begadang yang memang harus diatasi dari akarnya, yaitu memperbaiki pola tidurmu.

Jika tidak, hormon-hormon stres bakalan terus diproduksi dan problem jerawat akan terus terjadi. Inilah sebabnya salep jerawat seringkali jadi solusi sementara.

Jerawat Biasanya Muncul di Dagu dan Rahang

Jerawat yang berkaitan dengan kekacauan hormon, seperti peningkatan ekstrem produksi hormon kortisol karena stres, kebanyakan muncul di area dagu dan rahang (daerah U).

Jadi kalau biasanya daerah tersebut mulus dan tiba-tiba dipenuhi jerawat, bisa jadi penyebabnya gangguan tidur di malam hari.

Jenis-Jenis Jerawat Begadang

4 ciri jerawat begadang dan cara menyembuhkannya 7

Jerawat akibat begadang tidak berbeda secara signifikan dengan jerawat lainnya, yaitu:

  • Komedo putih : Bintil putih kecil-kecil, biasanya sedikit gatal, dan teksturnya tidak terlalu menonjol 
  • Komedo hitam : Komedo hitam adalah komedo putih yang teroksidasi, yaitu warna sebum berubah hitam saat terkena udara
  • Papula : Jerawat kecil-kecil berwarna pink, meradang, dan bisa terasa sakit jika disentuh
  • Pustula: Jerawat dengan bagian dasar berwarna kemerahan dan bagian puncak berwarna putih atau kuning karena berisi nanah 
  • Nodul : Jerawat yang berkembang di dalam kulit sehingga terlihat sebagai benjolan besar, dengan tekstur padat dan keras. Nodul juga menimbulkan rasa nyeri yang kadang bisa sampai tidak tertahankan.
  • Jerawat batu: Jerawat batu berbentuk benjolan berisi nanah yang sering meninggalkan bopeng kalau pecah

Cara Menghilangkan Jerawat Begadang

4 ciri jerawat begadang dan cara menyembuhkannya 8

Untuk menyembuhkan jerawat akibat begadang tentunya kamu perlu memperbaiki pola tidur demi memperoleh waktu tidur yang ideal. Durasi jam tidur agar tidak jerawatan adalah sekitar 7-8 jam setiap hari. 

Tentu saja ini tidak serta merta menyembuhkan jerawat kamu tapi paling tidak membantu mengurangi faktor pemicunya. Istirahat yang cukup juga mengurangi rasa lelah dan tingkat stres. Efeknya, peredaran darah jadi lebih lancar dan kulit kamu dapat pulih lebih cepat.

Sebagai upaya tambahannya, kamu bisa melakukan cara-cara berikut:

1. Pakai Basic Skincare Routine

Jangan lewatkan skincare routine sesibuk apa pun kamu agar wajah tetap terawat. Ini meliputi membersihkan wajah dengan facial wash atau milk cleanser setiap pagi dan menjelang tidur, menggunakan moisturizer, dan mengaplikasikan tabir surya minimal SPF 30. 

Untuk kulit berjerawat pilih produk berlabel noncomedogenic agar menyumbat pori kulit.

2. Ganti Seprai dan Sarung Bantal secara Teratur

Selain lebih nyaman, istirahat di lingkungan yang higienis akan meminimalkan kontaminasi bakteri dan kotoran dari seprai dan sarung bantal. Jadi kamu nggak akan gampang jerawatan.

Kalau jerawat begadang menyerang punggung dan dada, kamu perlu rajin ganti baju. Jika memungkinkan gunakan hanya pakaian dari bahan katun yang menyerap keringat.

3. Jangan Banyak Pikiran

Ini akan membantu kamu mengendalikan stres dan mengacaukan kinerja hormon. Caranya, sediakan waktu untuk relaksasi, misalnya dengan mengerjakan hobi, nonton film favorit, jalan-jalan, dan olahraga.

4. Kunjungi Dokter

Kalau jerawat sudah semakin parah, segera minta bantuan medis untuk mengurangi ketidaknyamanan. Biasanya dokter akan meresepkan obat luar seperti salep atau krim yang mengandung asam salisilat, retinoid, sulfur, atau benzoil peroksida. Untuk kasus-kasus yang lebih parah, dokter mungkin juga akan memberikan obat oral seperti antibiotik.

Nah, sekarang kamu bisa cek apakah jerawat di wajahmu punya ciri- ciri jerawat begadang atau tidak. Jika ya, kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasinya dengan tips di atas.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version