Ternyata tidak hanya wajah yang bisa jerawatan, punggungmu juga bisa ditumbuhi jerawat. Jenis jerawat ini lebih sering terjadi kepada pria daripada wanita. Untuk mengatasinya, selain pakai baju yang menyerap keringat, ganti sabun mandi kamu dengan sabun jerawat punggung yang berkualitas.

Penyebab jerawat punggung kurang lebih sama dengan jerawat di wajah, yaitu ketika minyak, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri menyumbat pori-pori. Kondisi tersebut terjadi karena sering berkeringat misalnya saat olahraga atau beraktivitas berat. 

Gesekan antara baju dengan kulit yang keringatan inilah lalu memicu timbulnya jerawat atau untuk yang sudah jerawatan, bakal membuatnya lebih parah.[1] Nah, kalau kamu mencari solusinya, kami punya rekomendasi sabun jerawat punggung yang bagus untukmu!

1. Zen Antibacterial Body Wash Shiso & Sulphur

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 8

Sabun Zen untuk jerawat punggung adalah rekomendasi pertama buat kamu. Kandungan sulfurnya ampuh hempas jerawat, beruntusan, gatal-gatal dan biang keringat. Sementara shiso Jepang-nya dapat menipiskan bekas jerawat dan flek gelap.

Sabun mandi ini bebas deterjen/SLS yang bisa mengeringkan kulit dan memberikan sensasi ketarik setelah mandi. Untuk minusnya, aroma sulfur sabun ini agak kuat, yang mungkin kurang disukai beberapa orang.

Kelebihan Sabun penghilang jerawat punggung dan bekasnya dengan kandungan shiso & sulfur
Tidak mengandung deterjen
Kekurangan Bau sulfur agak mengganggu
HargaRp21.700 (400 ml)

2.  Dettol Sensitive pH Balanced Body Wash

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 9

Dettol adalah brand legend yang populer untuk mengatasi beragam masalah kulit. Untuk jerawat punggung, kamu bisa coba Dettol Sensitive pH Balanced Body Wash. 

Di dalamnya ada kandungan gliserin serta pH balanced yang ampuh menyembuhkan jerawat, memberi kelembapan ekstra, sekaligus sebagai soothing agent.[1]  Dettol body wash ini diformulasikan sesuai pH natural kulit sehingga tidak membuat kulit kering.

Pada beberapa review sabun Dettol untuk jerawat punggung, kekurangan produk ini adalah masih menyisakan sensasi licin setelah dibilas. 

Kelebihan Formulanya lembut untuk kulit, sesuai pH alami
Memiliki fungsi ganda sebagai pelembap serta dapat menenangkan kulit
Kekurangan Terasa licin setelah dibilas
HargaRp49.000 (400 ml)

3. Grace and Glow White Truffle Acne Body Wash

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 10

Rekomendasi selanjutnya adalah sabun jerawat punggung Grace and Glow yang mempunyai teknologi PopScent, yang dapat mengeluarkan aroma harum sempurna saat digunakan. Efeknya, aroma wangi akan bertahan di kulit dalam waktu lama.

Star ingredient yang jadi unggulan produk ini adalah ekstrak White Truffle yang diklaim dapat meningkatkan regenerasi kulit yang rusak. Body Wash ini juga ampuh membasmi bakteri biang keladi jerawat, meluruhkan sel kulit mati, dan melembapkan kulit.

Beberapa pengguna mengeluhkan sensasi dingin yang lumayan strong karena ada kandungan menthol pada bahannya.

Kelebihan Punya teknologi PopScent yang membuat wangi sepanjang hari
Punya fungsi ganda: menyembuhkan jerawat, eksfoliasi, & melembapkan kulit
Kekurangan Ada sensasi dingin menthol
HargaRp69.000 (300 ml)

4. Sebamed Liquid Face & Body Wash

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 11

Niacinamide yang konon adalah ingredient anti-acne terbaik, juga terdapat pada produk ini.[2] Selain itu ada allantoin dan pentavitin yang membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat.

Agen pembersihnya juga bekerja efektif namun tetap lembut di kulit dalam meluruhkan kotoran, bekas keringat, dan minyak. Produk ini bebas alkohol namun beberapa pengguna tetap merasakan sensasi agak ketarik setelah penggunaan.

Aroma wanginya juga dirasa terlalu kuat, yang mungkin kurang pas bagi yang sensitif. Untuk harga juga lumayan pricey dengan volume yang tidak terlalu banyak.

Kelebihan Mengandung bahan anti jerawat terbaik
Membersihkan kulit dengan lembut, sekaligus memperbaiki tekstur kulit
Kekurangan Menyisakan sensasi kulit tertarik
Aroma harumnya terlalu kuat
Harga cukup mahal
HargaRp136.000 (200 ml)

5. JF Sulfur Acne Care Soap Bar

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 12

JF Sulfur adalah sabun jerawat punggung di apotek dan bisa jadi alternatif kalau cari produk murah dan manjur. Kandungan utamanya adalah sulfur active plus asam salisilat yang ampuh usir jerawat. Manfaatnya adalah sebagai bahan pembersih kulit sekaligus membasmi kuman biang jerawat punggung. 

Pada review sabun untuk jerawat punggung ini, beberapa pengguna mengaku keluhan gatal-gatal di punggungnya hilang setelah 3 kali pemakaian. Sayangnya untuk beberapa orang aroma sulfurnya terlalu kuat dan membuat kurang nyaman. 

Varian yang tersedia adalah JF Acne Acne Orange, JF Acne Protect Oily Care, JF Dermamed Yellow, dan JF Derma Protect Blue Ocean.

Kelebihan Ampuh menyembuhkan jerawat dan gatal-gatal
Harganya murah
Kekurangan Bau sulfur cukup kuat
HargaRp11.200

6. Betadine Antiseptic Skin Cleanser

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 13

Untuk aroma sabun cair ini persis sama dengan versi obat lukanya, namun teksturnya lebih kental. Kandungan utamanya adalah Povidone Iodine 7.5%, bahan antiseptik yang efektif melindungi kulit dari kuman, bakteri, jamur, dan virus penyebab jerawat, bau badan, gatal-gatal, dan biang keringat.

Untuk kekurangannya, aroma obatnya sangat kuat, jadi sebaiknya cukup pakai kalau sedang break out saja. 

Kelebihan Betadine ampuh basmi kuman, jamur, bakteri, dan virus penyebab masalah kulit 
Kekurangan Bau obatnya sangat kuat
HargaRp47.200 (100 ml)

7. Mustika Ratu Jasmine Bath & Shower Gel

7 sabun jerawat punggung recommended: harga & plus minusnya 14

Sabun jerawat dari Mustika Ratu ini dapat mengatasi jerawat punggung serta dada, juga mencerahkan kulit yang gelap pada area lipatan dengan kandungan Centella Asiatica-nya.[3] Sementara ekstrak bunga melatinya juga berkhasiat sebagai pelembap sekaligus menjaga keremajaan kulit.

Rajin pakai sabun ini juga bikin bau badan hilang, lho. Sayangnya aroma wanginya terlalu lembut sehingga kurang tahan lama.

Kelebihan Punya fungsi ganda mencerahkan area lipatan tubuh yang gelap
Bisa mengatasi bau badan menyengat
Kekurangan Aroma wanginya cepat hilang
HargaRp47.200 (100 ml)

Untuk mempercepat penyembuhan, gunakan juga salep totol jerawat yang mengandung benzoil peroksida, retinoid atau aplikasikan acne patch yang mengandung asam salisilat.[4] Nah, di antara daftar produk sabun jerawat punggung di atas, yang mana favorit kamu?

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version