Jerawat sering jadi masalah kulit yang membuat sebagian besar orang merasa tak percaya diri. Selain faktor genetik dan perawatan kulit yang tidak tepat, pola makan juga dapat memengaruhi kondisi kulit, terutama makanan-makanan tertentu yang bisa memicu munculnya jerawat. Memangnya, apa saja makanan penyebab jerawat?

Cek jenis-jenis makanan yang wajib dihindari kalau kamu sering jerawatan dalam daftar berikut. Namun jangan khawatir, meskipun ada makanan yang sebaiknya dihindari, masih banyak alternatif yang tetap bisa dinikmati tanpa mengganggu kulit kamu.

1. Fast Food

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 11

Makanan cepat saji, termasuk burger, kentang goreng, dan nugget, bisa memicu jerawat karena mengandung lemak jenuh, gula, dan garam yang tinggi. Lemak berlebih bisa menyumbat pori-pori, sementara gula bisa tingkatkan produksi minyak kulit, yang keduanya bisa sebabkan jerawat.[1] 

Namun, kamu masih bisa menikmati fast food tanpa membuat jerawat muncul. Coba kurangi konsumsi makanan cepat saji ini, dan pilih menu yang lebih sehat seperti salad atau grilled chicken

Pastikan untuk tetap menjaga pola makan seimbang dengan banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan air minum yang cukup untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Dengan cara ini, kamu tetap bisa menikmati fast food tanpa harus terkena jerawat.

2. Gorengan

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 12

Gorengan cenderung menyebabkan jerawat karena proses penggorengannya menggunakan minyak dalam jumlah besar, yang dapat menyumbat pori-pori ketika terkena kulit.[2] 

Agar tetap bisa menikmati gorengan tanpa harus merisaukan jerawat, pertama-tama kamu bisa memilih jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Selain itu, hindari mengonsumsi gorengan yang digoreng berulang kali atau terlalu berminyak. 

Cobalah untuk mengurangi frekuensi konsumsi gorengan dan tambahkan variasi makanan lain yang lebih sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Dengan demikian, kamu masih bisa menikmati gorengan tanpa harus khawatir tentang jerawat yang muncul.

3. Minuman Bersoda

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 13

Soda bisa picu jerawat karena kandungan gulanya yang tinggi dan kandungan bahan kimianya. Gula dalam minuman bersoda bisa tingkatkan produksi minyak di kulit, yang akan menyumbat pori-pori dan sebabkan jerawat.[1] 

Tapi, kamu masih bisa menikmati minuman bersoda tanpa harus khawatir tentang jerawat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda secara bertahap, dan gantilah dengan air putih, teh herbal, atau minuman rendah gula lainnya.

Jika tidak bisa sepenuhnya menghindari minuman bersoda, pilihlah yang memiliki kandungan gula lebih rendah atau yang menggunakan pemanis alami. Dengan begitu, kamu bisa menikmati minuman bersoda tanpa harus merisaukan jerawat.

4. Keripik

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 14

Segala jenis keripik sering kali jadi penyebab jerawat karena ada banyak kandungan lemak, garam, dan bahan pengawet. Lemak berlebih dalam keripik bisa menyumbat pori-pori, sementara garam bisa meningkatkan peradangan pada kulit, yang keduanya akan sebabkan jerawat muncul.[3]  

Namun, kamu masih bisa makan keripik tanpa harus khawatir akan jerawat. Pilihlah varian keripik yang rendah lemak dan garam, atau bahkan mencoba keripik yang dibuat dengan cara dipanggang daripada digoreng. 

Selain itu, konsumsilah keripik dengan cara yang moderat dan jangan lupa untuk tetap jaga pola makan seimbang dengan konsumsi makanan yang lebih sehat. Dengan cara ini, kamu masih bisa makan keripik tanpa harus terkena jerawat.

5. Makanan Kaleng

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 15

Makanan olahan dalam kaleng seringkali ada tambahan bahan pengawet, garam, dan gula yang tinggi, yang bisa sebabkan peradangan kulit dan jerawat. Meskipun begitu, kamu masih bisa menikmati makanan kaleng tanpa cemas akan jerawat. 

Pilihlah makanan kaleng yang mengandung lebih sedikit bahan pengawet dan gula, serta lebih banyak sayuran atau protein. Jika memungkinkan, coba untuk memasak makanan kaleng tersebut dengan cara yang lebih sehat seperti merebus atau mengukus daripada menggoreng. 

Dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan cara memasaknya, kamu masih bisa menikmati makanan kaleng tanpa merisaukan jerawat yang muncul.

6. Kacang-kacangan

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 16

Sebenarnya, kacang-kacangan tidak selalu jadi penyebab jerawat. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa kacang-kacangan, seperti almond dan kacang kenari, punya kandungan antioksidan dan lemak sehat yang bisa bantu jaga kesehatan kulit.[4]

Namun, kacang-kacangan yang digoreng atau diberi banyak bumbu bisa meningkatkan risiko jerawat. Ini karena kandungan minyak dan bahan tambahannya yang tidak sehat. 

Agar tetap bisa menikmati kacang-kacangan tanpa khawatir jerawat, pilihlah varietas kacang yang segar atau kacang yang tidak digoreng. Hindari varietas yang terlalu diasinkan atau diberi banyak bumbu. Dengan cara ini, kamu bisa menikmati manfaat nutrisi kacang tanpa harus mengorbankan kulit yang bersih.

7. Minuman Beralkohol

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 17

Minuman beralkohol bisa picu jerawat karena dapat mengganggu keseimbangan hormon dan membuat produksi minyak di kulit meningkat. Konsumsi alkohol juga bisa sebabkan dehidrasi, yang akan menjadikan kulit kering dan picu produksi minyak berlebih.[5]

Jauhi alkohol dan beralih ke minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus, atau teh herbal. Dengan memilih minuman yang lebih sehat, kamu bisa jaga kulit tetap bersih dan bebas jerawat.

8. Daging

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 18

Beberapa jenis daging, terutama daging merah berlemak tinggi, bisa membuat risiko jerawat makin tinggi. Pasalnya, daging merah umumnya mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.[6]

Namun, daging ayam atau ikan, terutama yang tanpa kulit, bisa jadi pilihan lebih sehat yang baik untuk kulit. Agar tetap bisa menikmati daging tanpa harus merisaukan jerawat, pilihlah potongan daging yang lebih rendah lemak dan hindari memasaknya dengan banyak minyak.

Lebih baik untuk memanggang, merebus, atau mengukus daging daripada menggorengnya. Dengan memperhatikan jenis dan cara memasaknya, kamu bisa menikmati daging tanpa khawatir tentang jerawat yang muncul.

9. Kukis

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 19

Dalam kue ada banyak kandungan gula, tepung, dan lemak tambahan yang tinggi. Selain tambahan gula, karbohidrat olahan pada roti dan kukis inilah yang bisa memicu jerawat dengan meningkatkan produksi minyak kulit.[7]

Tapi, kamu masih bisa menikmati kue tanpa harus khawatir tentang jerawat. Mulailah untuk membuat atau memilih kue yang lebih sehat dengan mengurangi jumlah gula dan lemak tambahan. Pakai bahan-bahan pengganti seperti madu atau pisang untuk memberikan rasa manis alami.

Selain itu, pilihlah kue yang dipanggang daripada digoreng, dan perhatikan porsi yang dikonsumsi. Dengan memperhatikan jenis dan kualitas bahan serta cara pembuatannya, kamu tetap bisa menikmati kue tanpa harus merisaukan jerawat yang muncul.

10. Cokelat

10 makanan penyebab jerawat, batasi agar kulitmu mulus! 20

Meskipun beberapa orang mengeklaim bahwa cokelat baik untuk kulit karena kandungan antioksidannya, namun ternyata cokelat juga bisa memperburuk kondisi jerawat.[8] Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dan lemak dalam cokelat, yang bisa tingkatkan produksi minyak di kulit dan menyumbat pori-pori. 

Namun, kamu masih bisa menikmati cokelat tanpa harus khawatir tentang jerawat. Pilih cokelat dengan kandungan kakao tinggi dan kurangi konsumsi cokelat yang terlalu manis atau berlemak. Sebaiknya, konsumsi cokelat dalam porsi yang moderat dan seimbang dengan pola makan sehat lainnya. 

Dengan memilih cokelat yang lebih berkualitas dan mengontrol porsi, kamu tetap bisa menikmati cokelat tanpa merisaukan jerawat.

Itulah daftar makanan penyebab jerawat yang harus kamu hindari. Tapi jangan cemas, kamu masih bisa menikmati makanan favoritmu tanpa harus merisaukan jerawat. Yang penting, kamu perlu mengontrol porsi dan memilih bahan-bahan yang lebih sehat.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version