Lidah buaya atau juga populer dengan sebutan Aloe vera sudah lama dipergunakan sebagai bahan baku skincare. Gel yang terkandung di bagian dalam daunnya ini diklaim dapat memberikan beragam khasiat untuk kulit. Kira-kira apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat?

Temukan serangkaian fakta terkait apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya serta cara penggunaannya melalui ulasan di bawah ini.

Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Ini faktanya 4

Tanpa kamu sadari, ada beragam bahan di sekitar yang berguna untuk mengatasi permasalahan kulit khususnya jerawat. Itulah sebabnya banyak yang bertanya-tanya apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? Apakah jeruk nipis bisa menghilangkan jerawat?

Nah, melalui artikel ini, temukan sederet fakta terkait kegunaan aloe vera sebagai treatment alami untuk jerawat. Efektivitas aloe vera untuk mengatasi permasalahan jerawat baik yang meradang maupun tidak memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan oleh berbagai riset ilmiah.

Salah satu penelitian tersebut mengungkap bahwa ekstrak tumbuhan ini efektif dalam mengurangi jerawat papula dan hiperpigmentasi akibat peradangan.[1]

Ini karena aloe vera punya kandungan zat antibakteri sehingga mampu menumpas bakteri pemicu jerawat yaitu P.acnes.[2] Saat kulit bebas bakteri, tentu peradangannya bisa sembuh lebih cepat.

Jadi, terbukti bahwa aloe vera bisa menjadi alternatif treatment alami untuk menangani jerawat tipe ringan hingga sedang. Lalu, berapa lama menghilangkan jerawat dengan lidah buaya?

Nah untuk pertanyaan ini, jawabannya tentu bervariasi karena respon kulit setiap orang tentu berbeda-beda. Jerawat bisa membaik dalam hitungan hari atau bahkan ada yang beberapa minggu.

Karena aloe vera merupakan bahan alami, jadi proses penyembuhannya memang memerlukan waktu yang lebih lama daripada treatment lainnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Ini faktanya 5

Dalam proses penyembuhan jerawat, aloe vera punya beberapa kegunaan. Di antaranya adalah membunuh bakteri, meredakan peradangan dan bengkak, serta mencegah terjadinya bopeng.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Membasmi Bakteri

Faktor utama pemicu inflamasi pada lesi jerawat adalah bakteri. Jadi, kalau kamu ingin jerawat lekas membaik, basmi dulu bakteri tersebut. Untungnya, aloe vera memiliki zat antibakteri yang bisa melawan bakteri P.acnes.

2. Memberikan Efek Menenangkan

Jerawat yang meradang pasti terasa tidak nyaman karena menimbulkan rasa nyeri. Mengoleskan gel aloe vera akan menenangkan area peradangan tersebut sehingga iritasi dan inflamasi tidak bertambah parah.

Lalu, apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat dan beruntusan? Tentu saja, selain meredakan jerawat, sifat antiradang dan Vit.E dalam tanaman ini akan menghilangkan beruntusan yang biasa muncul di dahi.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan

Dengan kandungan anti-inflamasinya, lidah buaya mampu meredakan peradangan. Selain itu, aloe vera bisa meningkatkan produksi fibroblast yang berperan dalam proses penyembuhan inflamasi jerawat.[3]

4. Menyamarkan Bekas Jerawat

Apakah lidah buaya bisa menghilangkan bekas jerawat? Tentu saja bisa. Zat aloesin yang diekstrak dari lidah buaya mampu menghambat enzim tirosinase, sehingga bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit akibat jerawat.[4]

Penelitian lain juga menyatakan bahwa penggunaan gel aloe vera yang digabungkan dengan terapi ultrasonic mampu mengurangi area hiperpigmentasi atau noda hitam serta bisa memperbaiki tekstur kulit yang kasar.[5]

5. Meningkatkan Efektivitas Obat

Selain bisa kamu gunakan sebagai treatment alami, gel aloe vera juga bisa kamu padukan dengan obat jerawat. Misalnya saja penggunaan gel lidah buaya dengan tretinoin, akan membuat obat tersebut lebih efektif dalam mengatasi tipe jerawat meradang atau tanpa peradangan.[6]

Cara Memakai Lidah Buaya untuk Jerawat

Apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Ini faktanya 6

Nah setelah mengetahui berbagai manfaat aloe vera dalam mengatasi masalah kulit ini, pasti kamu tidak sabar untuk mencoba treatment alami ini kan? Nah kamu bisa membuat masker alami langsung dari tanaman lidah buaya asli maupun gel aloe vera yang tersedia di pasaran.

Selain itu, kamu bisa menggunakan lidah buaya tanpa campuran apa pun atau mengombinasikannya dengan bahan alami lain untuk menambah efektifitasnya. Ini dia beberapa cara penggunaannya.

Aloe Vera Segar

Kalau punya tanaman ini di rumah, manfaatkan saja daripada harus membeli obat atau skincare untuk mengatasi jerawat. Langkah penggunaannya juga sangat mudah.

  1. Potonglah daun lidah buaya secukupnya.
  2. Kupas bagian kulitnya yang hijau. 
  3. Kemudian, oles gel bening di tengahnya pada area yang berjerawat.
  4. Lakukan treatment ini 2 kali dalam sehari secara rutin.

Aloe Vera dan Lemon

Dua bahan alami ini adalah kombinasi yang ampuh untuk menangani jerawat dan bekasnya. Lemon memiliki PH rendah dan juga sifat antibakteri sehingga bisa membasmi mikroba penyebab jerawat.

Selain itu lemon juga kaya akan Vit.C dan juga antioksidan sehingga mampu memudarkan noda hitam akibat jerawat. 

Cara pembuatan masker ini sangatlah gampang:

  1. Haluskan gel lidah buaya dan tambahkan perasan buah lemon.
  2. Kemudian, simpanlah di lemari pendingin. 
  3. Sebelum tidur, oleskan masker ini ke seluruh wajah. 
  4. Keesokan paginya, bilaslah sampai bersih.

Aloe Vera dan Tea Tree Oil

Minyak esensial dari tumbuhan tea tree ini tinggi akan kandungan anti-inflamasi, antibakteri, serta antioksidan sehingga bisa mengurangi peradangan jerawat serta bekasnya.[7] Sayangnya, minyak ini kurang cocok untuk tipe kulit sensitif karena bisa menimbulkan iritasi.

Cara menggunakannya:

  1. Oleh sebab itu, campurkan 2-3 tetes tea tree oil ke gel aloe vera. 
  2. Baru kemudian oleskan ke bagian muka yang jerawatan. 
  3. Diamkan sekitar 30 menit lalu cucilah muka sampai bersih.

Nah, sekarang sudah terjawab kan apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat. Selain mempercepat penyembuhan lesi jerawat, ternyata tanaman ini juga berkhasiat untuk memudarkan bekasnya. Selain murah, bahan alami ini juga tidak akan mengakibatkan efek samping. Jadi, penggunaannya aman khususnya bagi pemilik kulit yang sensitif.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version