Perawatan Rambut Setelah Smoothing – Ada banyak cara meluruskan rambut secara permanen, salah satunya adalah smoothing. Smoothing adalah metode pelurusan rambut yang menggunakan bahan kimia untuk meluruskan rambut yang semula bergelombang atau frizzy. Dengan smoothing, anda tidak perlu lagi menggunakan catokan untuk meluruskan rambut. Pasalnya, smoothing selalu membuat rambut terlihat lebih lurus.

Mengingat perawatan rambut setelah smoothing adalah metode penataan rambut kimiawi, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa bahan smoothing tidak merusak rambut. Perawatan Rambut Setelah Smoothing  yang tepat juga membantu menjaga rambut tetap lurus. Jika Anda baru saja meluruskan rambut dengan metode smoothing, simak tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing  berikut agar rambut tidak rusak dan tetap awet.

Kesembilan Tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing yang bisa coba Diterapkan

9 tips perawatan rambut setelah smoothing agar tetap awet 3

1. Jangan ikat rambut Anda

Tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing yang pertama adalah dengan menjaganya agar tidak terikat. Yang terbaik adalah mengurai dan melonggarkan rambut. Karena Ikat rambut yang Anda miliki akan menghilangkan efek smoothing. Demikian pula, selipkan rambut Anda di belakang telinga. Bahkan rambut yang sudah lama diikat pun bisa mudah rusak.

2. Hindari menggunakan alat styling rambut

Apakah Anda sering menggunakan alat styling rambut dalam penampilan sehari-hari? Jika Anda ingin rambut tetap lembut dan lembab, berhentilah menggunakan alat styling rambut terlebih dahulu karena dapat merusak ikatan kimia pada rambut yang dihaluskan. Panas yang tinggi dari alat styling rambut tidak hanya menyebabkan dehidrasi pada rambut, tetapi juga membuatnya rapuh, patah, rusak dan kurang lurus.

3. Lakukan perawatan dengan serum

Rambut lurus cenderung lebih sensitif, sehingga para ahli rambut merekomendasikan perawatan rambut khusus untuk mencegah rambut rontok. Model rambut smoothing dilapisi dan serum harus ditambahkan ke dalam perawatan rambut untuk mencegah kelembaban udara menembus kutikula dan menyebabkan rambut Mengembang.

Mulailah memasukkannya ke dalam perawatan erawatan Rambut Setelah Smoothing. Ini akan membuat rambut Anda lebih kuat dan membantu mencegah kerontokan dan penipisan rambut. Serum juga membuat rambut Anda bersinar dan membuatnya tetap lentur dan lurus. Untuk hasil yang maksimal, semprotkan anti-frizz spray terlebih dahulu untuk membantu meluruskan rambut Anda lebih maksimal.

4. Keramas 2 Sampai 3 Hari Sekali saja

Untuk jenis kulit kepala normal, disarankan untuk mencuci atau keramas rambut setiap 2-3 hari sekali agar tidak mengering dan minyak alami pada rambut dapat melindungi kulit kepala dengan baik. Karena proses smoothing menggunakan bahan kimia, hal ini juga mempengaruhi hasil dari smoothing. Oleh karena itu, mencuci rambut terlalu sering tidak akan memberikan hasil yang tahan lama. Jika Anda memiliki tipe kulit kepala berminyak, Anda dapat menyesuaikan jadwal keramas tanpa berlebihan.

5. Rutin Menggunakan Vitamin Rambut

Rambut yang telah diluruskan atau dikeriting dengan bahan kimia memerlukan perawatan khusus. Jika biasanya Anda hanya menggunakan sampo dan kondisioner, sebaiknya tambahkan vitamin rambut. Vitamin rambut digunakan untuk bundel rambut. Tujuannya agar hasil smoothing bertahan lama tanpa merusak helaian rambut sehingga rambut tampak sehat dan berkilau.

6. Gunakan Sisir dengan Gigi Berjarak

Memilih sisir yang tepat untuk kondisi rambut bukanlah masalah besar, namun memiliki sisir yang tepat dapat berdampak pada kesehatan rambut Anda, jadi sebaiknya gunakan Sisir dengan Gigi Berjarak saja. Tujuannya untuk mengurangi kerontokan rambut dan menjaganya agar tidak bertambah parah. Selain itu, menggunakan Sisir dengan Gigi Berjarak akan membuat rambut lebih mudah diatur.

7. Menggunakan Kondisioner

Cara lain Perawatan Rambut Setelah Smoothing adalah dengan menggunakan kondisioner setiap kali keramas. Kebanyakan sampo menggunakan bahan kimia keras yang merusak folikel rambut. Selain itu, rambut yang baru dicuci menjadi kering, kusam dan sulit ditata.

Kondisioner mengandung alkohol berlemak, pelembab dan minyak untuk membuat rambut lebih lembut dan kenyal. Beberapa produk kondisioner juga mengandung protein yang membantu mengikat ujung rambut yang bercabang. Bahkan Ada juga variasi kondisioner yang menambah volume pada rambut.

8. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Selain menggunakan kondisioner, Tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin, minimal 1-2 minggu sekali. Masker rambut memiliki banyak manfaat dan variasi tergantung bahan yang digunakan. Misalnya, jika ingin melembutkan rambut, pilihlah masker rambut yang mengandung madu.

Madu dianggap sebagai humektan yang membuat rambut berkilau dan lembap. Jika ingin mengurangi rambut kusut, coba gunakan masker rambut berbahan dasar pisang. Silika dalam pisang juga membantu menjaga rambut tetap lembut dan berkilau. Pisang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi kekeringan dan ketombe.

9. Pijat Kulit Kepala dengan Lembut

Tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing  yang terakhir adalah dengan memijat lembut kulit kepala. Ini untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, meningkatkan kesehatan dan kondisi kulit kepala serta meningkatkan aliran darah ke folikel rambut.

Apa saja yang Perlu Dipertimbangkan ketika Ingin Smoothing?

Perawatan Rambut Setelah Smoothing
  • Salon yang Dipilih

Apakah Anda memiliki salon langganan? Kalau ada berarti hal ini tidak akan membuat Anda kesulitan dalam merawat rambut khususnya ketika ingin smoothing. Namun, jika Anda masih mencari salon yang bagus untuk smoothing, Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang salon yang tepat.

Jangan lupa juga sesuaikan dengan keadaan keuangan Anda. Perhatikan bahwa smoothing dihargai sedikit lebih tinggi. Tentunya semakin berkelas dan bagus pelayanan dari salon tersebut, maka semakin tinggi pula harga yang harus Anda bayar. Tetap saja, tidak ada salahnya membelanjakan sedikit lebih banyak untuk anggaran untuk mendaptkan rambut yang lebih lurus.

  • Kandungan Obat Smoothing yang Dipakai

Bahkan jika Anda melakukan Perawatan Rambut Setelah Smoothing di salon biasa, tidak masalah jika Anda bertanya kepada ahli kecantikan tentang kandungan obatnya. Pasalnya, di dalam obat smoothing tersebut terdapat beberapa kandungan yang dapat mengiritasi kulit kepala yang sensitif, seperti formaldehida yang bisa membahayakan rambut Anda.

Baca Lainnya :7 Aturan Perawatan Rambut Rontok Agar Tetap Strong

  • Tipe Smoothing Rambut

Anda mungkin belum mengetahui bahwa ada beberapa jenis smoothing rambut, namun cara yang paling banyak direkomendasikan adalah metode smoothing keratin. Smoothing jenis ini tidak hanya meluruskan rambut, tetapi juga memberikan kesan lebih alami dan lembut. Ini adalah metode smoothing yang menggunakan keratin buatan pada lapisan rambut.

Hal yang perlu Diperhatikan Setelah Melakukan Smoothing

Jangan abaikan atau keramas rambut, apalagi jika sudah dirapikan. Namun, tidak disarankan untuk segera mencuci rambut setelah smoothing. Agar obat meresap sempurna, biasanya dianjurkan untuk mencuci rambut 3 hari setelah perawatan, kadang lebih lama, tergantung kondisi rambut. Sama seperti mencuci rambut, membilas kepala mencegah produk terserap dengan baik ke rambut Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan pilihan sampo Anda. Jika Anda menggunakan sampo biasa, pilihlah sampo yang dapat membuat rambut halus tetap sehat setelah di smoothing. Lebih efektif lagi jika menggunakan perawatan rambut rontok lainnya seperti rebonding dan coloring yang membantu memulihkan kondisi rambut setelah perawatan.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version