Kerontokan rambut bisa diatasi dengan perawatan rambut rontok intensif menggunakan produk yang tepat. Namun, selain menggunakan produk yang diresepkan untuk mengatasi kerontokan rambut, Anda juga bisa melakukan banyak perawatan rambut rontok agar rambuat tetap kuat

Perawatan rambut rontok sendiri mencakup beberapa metode dan kebiasaan sederhana yang dapat mempercepat proses pemulihan rambut rontok. Anda bisa coba urutan perawatan rambut rontok berikut ini untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat dan sehat.

Ketujuh Aturan Perawatan Rambut Rontok yang Bisa di Coba

  • Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Setiap orang memiliki jadwal sendiri untuk melakukan perawatan rambut rontok salah satunya mencuci rambut. Beberapa orang merasa nyaman untuk mencuci rambut setiap hari. Jadi Kurangi jadwal mencuci rambut selama perawatan rambut rontok. Pasalnya, setiap kali keramas, rambut akan selalu rontok. Semakin banyak Anda mencuci, semakin banyak rambut yang akan Anda rontok.

Satu hal yang perlu diingat saat merawat rambut rontok adalah hindari keramas setiap hari karena Kebiasaan ini membuat rambut rontok semakin parah. Bila perlu cucilah rambut setiap 2-3 hari dan bukan setiap hari.

  • Sisirlah Rambut dari Bawah Sebelum ke Akar Rambut

Agak aneh kalau anda harus menyisir rambut dari bawah ke atas. Pasalnya, menyisir rambut pada umumnya selalu selalu dimulai dari akar hingga ke ujung yang membuat rambut harus disisir dari akar ke atas. Cara yang satu ini dilakukan karena cukup ampuh untuk mengatasi rambut keriting yang kecil kemungkinannya untuk dicuci.

Menyisir rambut Anda dari atas ke bawah menciptakan gravitasi yang menarik rambut Anda lebih keras. Akibatnya, rambut mudah rontok. Sambil menyisir rambut dari bawah ke atas, gunakan tangan Anda yang lain untuk menahan akar rambut agar tidak terlalu tertarik. Setelah memastikan rambut tidak kusut, sisir perlahan dari akar ke ujung.

  • Hindari Penggunaan Hot Styling Tools Tanpa Pelindung Rambut

Hindari menggunakan alat penata rambut panas atau Hot Styling Tools saat rambut rontok. Tetapi meskipun Anda harus menata rambut dengan Hot Styling Tools, ada beberapa trik perawatan rambut rontok yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut saat menata Rambut Rontok. Pertama-tama, Anda harus menggunakan produk khusus untuk melindungi rambut Anda dari suhu tinggi. Produk ini biasanya diaplikasikan pada rambut sesaat sebelum proses styling dimulai.

Tujuan penggunaan produk untuk perawatan rambut rontok ini adalah untuk melindungi setiap helai rambut dari paparan suhu tinggi yang dapat merusak rambut. Karena Rambut yang terkena suhu tinggi bisa menjadi rapuh dan lebih mudah rontok. Kemudian atur suhu Hot Styling Tools Anda serendah mungkin. Hindari menyetel Hot Styling Tools terlalu panas, karena ini akan menghasilkan lebih banyak panas yang dilepaskan.

  • Jika Pengguna Hijab Maka Kurangi Intensitas Mengikat Rambut Saat di Rumah

Pengguna hijab biasanya mengikat rambutnya terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab. Itu artinya rambut Anda akan lebih bersih dan terhindar dari hijab. Selain itu, anda juga bisa menjaga kesejukan area leher dengan mengikat rambut sebelum mengenakan hijab. Mengikat rambut dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut.

Menata rambut Anda menjadi ekor kuda menarik akarnya dengan kencang. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengikat rambut dengan scrunchie, ikat rambut jenis longgar yang tidak mengikat rambut dengan kencang. Tak hanya itu, jangan ragu untuk mengurai rambut jika sedang berada di rumah dan tidak mengenakan hijab kalau hanya di rumah saja.

  • Berhati-Hatilah dengan Rambut Basah

Rambut basah cenderung lebih halus dan rapuh dibandingkan rambut kering. Saat rambut basah, harus dirawat dengan sangat hati-hati untuk mencegah kerontokan lebih lanjut. Hindari menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut saat basah. Cara ini bisa menyebabkan rambut kasar, kusut dan rontok. Biarkan rambut Anda mengering secara alami.

Namun jika ingin rambut lebih cepat kering, pertimbangkan untuk menggunakan hair dryer. Selain itu, hindari menyisir rambut basah. Secara umum, rambut basah jauh lebih kusut dibandingkan saat benar-benar kering. Jadi tunggu sampai rambut Anda kering lalu sisir dengan lembut agar tetap terlihat bagus.

  • Membersihkan Sisir Secara Teratur

Penggunaan sisir yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah rambut. Sisir yang tidak rutin dicuci menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit kepala. Waktu yang ideal untuk mencuci sisir adalah setiap kali Anda mencuci rambut. Oleh karena itu, setelah keramas, Anda bisa menyisirnya dengan sisir yang bersih dan bebas kuman.

Jika Anda menggunakan sisir yang kotor setelah keramas dengan shampo, maka rambut Anda akan kembali kotor. Cara mencuci sisir yang benar adalah dengan mencucinya dengan air hangat untuk membasmi kuman atau bakteri di sisi sisir. Tuangkan gel mandi atau cairan pencuci piring ke sisir dan gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok gigi sisir. Bilas sisa sabun dengan baik dan keringkan sisir dengan handuk bersih.

  • Mencoba Diet Mediterania

Diet mediterania adalah pola makan yang dilanjutkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sayuran mentah dan herba segar. Sebuah studi tahun 2018 di Archives of Dermatological Research oleh Cristina Fortes dan rekannya di Istituto Dermopatico dell’Immacolata menemukan bahwa pola makan yang mengandung sayuran mentah dan herba segar dikaitkan dengan androgenic alopecia.

Androgenic alopecia sendiri adalah pola kebotakan di kepala wanita ataupun pria. Untuk hasil terbaik, makanan diet ini harus dikonsumsi dalam jumlah banyak. Misalnya, makanlah peterseli, kemangi dan salad hijau setidaknya tiga hari seminggu sekali.

Apa saja Faktor Penyebab Terjadinya Rambut Rontok?

Perawatan rambut rontok
  • Kekurangan gizi

Selain mengganggu kesehatan tubuh, ternyata kekurangan gizi dan nutrisi juga menjadi penyebab kerontokan rambut. Misalnya, kekurangan protein ternyata bisa memengaruhi kesehatan rambut. Protein adalah blok bangunan utama tubuh, termasuk sel-sel rambut. Terlalu sedikit protein dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

  • Hipotiroidisme

Salah satu masalah hormon tiroid yang menyebabkan rambut rontok berlebihan adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid gagal menghasilkan hormon metabolisme, seperti halnya pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Saat produksi hormon tiroid terganggu, proses ini juga menghambat perkembangan akar rambut sehingga Rambut akan  rontok dan tidak tergantikan oleh helaian baru. Rambut rontok karena hipotiroidisme cenderung lebih merata daripada terkonsentrasi pada satu titik dan menyebabkan rambut rontok bahkan sampai bisa menyebabkan Kebotakan.

  • Psoriasis kulit kepala

Psoriasis tidak hanya menyerang kulit kepala, tetapi juga dahi, belakang leher, kepala dan belakang telinga. Salah satu gejala awal psoriasis kulit kepala adalah gatal akibat rambut rontok dan pendarahan. Tidak hanya itu, salah satu penyebab kerontokan rambut ini adalah kulit kepala yang kering dan menebal yang tentunya dapat merusak kesehatan rambut. Selain itu, rasa gatalnya juga menyebabkan kulit kepala sering digaruk. Akibatnya, rambut ikut tercabut dan rontok.

Akhir Kata

Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan kerontokan rambut, antara lain kekurangan nutrisi, perubahan hormonal, efek samping pengobatan, stres, penuaan dan faktor lainnya serta kebiasaan buruk. Jika Anda masih ragu untuk menggunakan produk Perawatan Rambut Rontok berbahan kimia, Anda bisa mencoba cara alami di atas untuk mengatasi kerontokan rambut.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version