Hampir setiap orang memiliki kulit berminyak dari waktu ke waktu. Kulit Anda secara alami menghasilkan minyak untuk menghidrasi dan melindungi kulit Anda, jadi sedikit minyak itu baik! Masalah muncul ketika Anda memiliki kelebihan minyak pada kulit Anda. Minyak berlebih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, komedo, dan noda lainnya. Kunci untuk mencegah kulit berminyak adalah menemukan rutinitas skincare untuk kulit berminyak untuk menghilangkan minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit Anda.

Kulit berminyak adalah yang paling umum di T-Zone Anda. T-Zone terdiri dari kulit di dahi, hidung, dan dagu. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, T-Zone Anda dan bagian lain dari wajah Anda mungkin terlalu berkilau atau berminyak sepanjang hari. Jika kulit berminyak Anda menyebabkan berjerawat, cari produk yang dirancang khusus untuk jenis kulit Anda, seperti produk bebas minyak dan non-komedogenik. Panduan ini akan membantu Anda mempelajari tentang penyebab utama kulit berminyak dan cara menemukan rutinitas skincare untuk kulit berminyak yang terbaik.

Rutinitas Skincare Untuk Kulit Berminyak

Kunci untuk mengelola kulit berminyak Anda, seperti halnya kapan pun Anda ingin merawat kulit Anda dengan lebih baik, adalah rutinitas skincare yang konsisten.

Hanya karena Anda memiliki kulit berminyak alami bukan berarti Anda tidak dapat mengambil langkah efektif untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus membentuk rutinitas skincare rutin yang membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit Anda tanpa membuatnya terlalu kering.

  1. Membersihkan Kulit Anda di Pagi (dan di Malam Hari)

Saat Anda tidur, residu dari sarung bantal dan produk di rambut Anda dapat mentransfer minyak berlebih dan bahan penyumbat pori-pori menuju wajah Anda. Tepat setelah Anda bangun, gunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan pembersih harian untuk membersihkan secara menyeluruh. Pastikan juga untuk membersihkan wajah Anda di penghujung hari untuk menghilangkan penumpukan kotoran, kotoran, dan minyak dari sisa hari itu. Cari pembersih dengan asam salisilat untuk membersihkan kulit secara mendalam dan menjaga pori-pori tetap bersih.

  1. Eksfoliasi Kulit untuk Mencegah Penumpukan

Pengelupasan secara lembut dan pelan adalah salah satu langkah skincare yang paling penting untuk kulit berminyak. Kombinasi minyak berlebih dan pori-pori besar dapat menyebabkan penumpukan dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Gunakan scrub wajah dengan asam salisilat beberapa kali seminggu untuk menghilangkan penumpukan pori dan membantu mencegah berjerawat.

  1. Gunakan Toner untuk Mengecilkan Pori-pori Anda
R

Memakai toner adalah langkah penting untuk mengendalikan kulit berminyak. Toner adalah produk skincare ringan yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak. Toner seringkali memiliki bahan yang ramah kulit seperti Dojako Skincare Wajah untuk membantu mengurangi minyak dan mencegah jerawat.

  1. Oleskan Pelembab untuk Melembabkan Kulit Anda

Setelah membersihkan, mengelupas, dan mengencangkan kulit Anda, oleskan pelembab ringan dan tabir surya untuk melindungi dan melembabkan kulit Anda di siang hari. Carilah produk non-komedogenik (atau produk yang tidak menyumbat pori-pori) untuk menghindari penyumbatan pori-pori. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk menambahkan lebih banyak kelembaban pada kulit berminyak, pelembab secara konsisten mencegah kulit Anda menjadi terlalu kering dan mengimbangi produksi minyak yang berlebihan.

Penyebab Perlunya Aktivitas Rutin Skincare Untuk Kulit Berminyak

Aktivitas rutin skincare untuk kulit berminyak 4

Mencari tahu apa yang menyebabkan kulit berminyak Anda adalah langkah pertama untuk mengelola aktivitas rutin skincare untuk kulit berminyak Anda. Penyebab utama kulit berminyak adalah:

  • Rutinitas Skincare Saat Ini: Faktor lain adalah seberapa sering Anda mencuci dan mengupas kulit Anda. Anda mungkin berpikir mencuci dan mengupas kulit Anda sepanjang hari membantu Anda menyingkirkan minyak berlebih. Kenyataannya, overwashing atau over-exfoliating dapat memperburuk kulit berminyak. Saat Anda menghilangkan minyak alami kulit Anda, itu akan menjadi overdrive untuk menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak untuk melindungi kulit Anda.
  • Genetika: Kulit berminyak terjadi karena berbagai alasan, tetapi genetika adalah salah satu yang paling umum. Sama seperti warna rambut dan warna mata, jenis kulit cenderung diturunkan dalam keluarga. Jika anggota keluarga dekat Anda memiliki kulit berminyak ketika mereka masih muda, kemungkinan besar Anda memiliki masalah yang sama.
  • Usia: Tentu saja, usia Anda juga berperan. Bahkan jika kulit Anda sekarang berminyak, Anda harus mengevaluasi kembali seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen dan protein lainnya, yang dapat menyebabkan pori-pori Anda berhenti memproduksi minyak sebanyak mungkin. Misalnya, orang berusia 30-an sering membutuhkan rutinitas skincare yang berbeda dari yang mereka butuhkan saat remaja.
  • Pori-pori Besar: Jika Anda memiliki pori-pori besar, Anda mungkin berurusan dengan lebih banyak minyak daripada orang dengan pori-pori rata-rata atau kecil.
  • Iklim: Elemen luar, seperti kelembaban dan suhu, dapat menjadi faktor dalam jumlah minyak yang dihasilkan kulit Anda. Salah satu faktor utama adalah di mana Anda tinggal. Jika Anda tinggal di iklim panas dan lembab, kulit Anda mungkin menghasilkan lebih banyak minyak daripada orang yang tinggal di iklim dingin dan kering. Di mana pun Anda tinggal, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak selama musim panas.

Cara Melakukan Tes Jenis Kulit untuk Kulit Berminyak

Aktivitas rutin skincare untuk kulit berminyak 5

Ada empat jenis kulit utama: kulit normal, kombinasi, berminyak, dan kering. Kulit normal berarti kulit Anda tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. Kulit kombinasi berarti bahwa kulit Anda terkadang menghasilkan minyak berlebih dan Anda mungkin memiliki pori-pori yang membesar di T-Zone Anda. Kulit berminyak berarti kulit Anda cenderung memproduksi sebum secara berlebihan dan Anda mungkin juga memiliki pori-pori yang membesar. Terakhir, kulit kering berarti kulit Anda kurang memproduksi sebum, yang dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari rutinitas skincare Anda, langkah pertama adalah mencari tahu apakah Anda benar-benar memiliki kulit berminyak. Ini berarti Anda harus melakukan tes jenis kulit. Jangan khawatir, ini lebih mudah daripada kedengarannya! Berikut langkah-langkah melakukan skin type test untuk kulit berminyak:

  1. Pertama, bersihkan wajah Anda mengikuti rutinitas skincare normal Anda, tetapi hindari menggunakan produk apapun setelah mengeringkan kulit Anda.
  2. Saat kulit Anda kering, periksa T-Zone Anda (area yang membentuk dagu, hidung, dan dahi) untuk minyak berlebih.
  3. Gunakan kertas isap atau tisu untuk mengeringkan kulit Anda. Jika Anda melihat minyak berlebih pada kertas, Anda memiliki kulit berminyak.
  4. Bahkan jika kulit Anda belum berminyak, Anda mungkin menyadari bahwa Anda memiliki pori-pori yang besar. Dalam hal ini, periksa kulit Anda untuk kelebihan minyak satu jam kemudian. Pori-pori besar juga bisa menjadi indikator jenis kulit berminyak.

Tips lain untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Saat malam hari tiba dan waktunya Anda untuk beristirahat, hapus semua make up yang menempel di wajah Anda. Ketika membersihkan wajah, bersihkanlah dengan sangat lembut, Sangat penting untuk membersihkan secara mendalam dan menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran, tetapi pastikan Anda lembut pada kulit Anda sehingga Anda tidak mengiritasinya.

Cara skincare untuk kulit berminyak lainnya yaitu memakai masker wajah, masker wajah mengeluarkan kotoran dan minyak untuk membantu membersihkan pori-pori Anda. Menggunakan masker wajah dengan bahan-bahan seperti arang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit Anda untuk detoks pori-pori yang halus. Minyak berlebih terkadang menyebabkan pori-pori tersumbat juga. Jika kulit berminyak Anda menyebabkan komedo, gunakan strip pori untuk menghilangkan komedo dengan aman tanpa harus memilih atau memeras kulit Anda.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version