Pada dasarnya, memilih bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah hal yang krusial. Sebab, formulasinya akan berbeda dengan bedak pada umumnya. Bedak yang biasa rentan menutup pori dan membuat radang jerawat makin parah. 

Hal ini pun wajib kamu terapkan ketika memilih foundation untuk kulit berjerawat. Jadi, bukan hanya foundie saja yang perlu kamu berikan perhatian khusus, namun bedak juga. Sebab, bila kamu salah pilih, kondisi kulit akan semakin parah dan masalah jerawat akan sulit hilang. 

Karena itu, simak rekomendasi bedak apa yang bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya serta cocok untuk oily skin berikut!

1. Mineral Botanica TWC Foundation

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 7

Opsi bedak padat yang cocok untuk acne prone dan oily skin pertama yang dapat kamu pertimbangkan yaitu produk dari Mineral Botanica. Sebab, produk tersebut sangat kaya akan muatan antioksidan yang dapat mengusir radikal bebas penyebab munculnya jerawat. 

Di samping itu, ada pula muatan ekstrak baobab yang ampuh untuk melembutkan serta melembapkan epidermis kulit. Ekstrak baobab ini juga dapat meregenerasi jaringan epitel dan memulihkan kulit yang rusak.[1] Hal ini akan dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat. 

KelebihanAmpuh menangkal radikal bebas
Ampuh melembabkan dan memperbaiki jaringan epitel kulit yang rusak
Harga relatif murah 
Cukup tahan lama dan dapat dipakai seharian tanpa iritasi
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Tak punya muatan SPF
Harga Mulai dariRp58.000

2. Jacquelle Blur Effect TWC

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 8

Bila kamu punya budget lebih, ada bedak untuk kulit berjerawat lain yang tak kalah worth it untuk kamu coba, yaitu dari brand Jacquelle. Produk ini mengandung jojoba oil yang terbukti efektif secara klinis dapat mengurangi jerawat karena sifatnya yang antibakteri serta antijamur.[2]

Jadi, selain bacterial acne, produk dari brand Jacquelle ini pun cocok untuk kamu yang punya fungal acne. Bahkan, meski ada muatan oil dari jojoba, namun ada pula muatan sodium hyaluronate yang dapat mengontrol produksi sebum. Jadi, produk ini tetap cocok untuk oily skin.

KelebihanMembuat wajah seakan terlihat poreless, namun tak akan ada produksi sebum berlebih 
Tak menyumbat pori dan dapat mencegah jerawat
Di samping puff, ada pula brush electric di dalam kemasan
Memiliki formulasi UV protection 
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Harga yang relatif mahal
Harga Mulai dariRp151.200

3. Acne Cover & Smooth TWC by Sea Makeup

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 9

Apabila kamu sedang mencari bedak untuk kulit sensitif berminyak dan berjerawat, produk dari Sea Makeup ini pun dapat kamu pertimbangkan. Hal ini sebab ada muatan ekstrak centella asiatica yang dapat membuat jerawat aktif lebih tenang dan tak iritasi meskipun kamu menggunakan make up seharian. 

Centella asiatica sendiri yaitu salah satu tanaman obat yang punya efek dermatologis terhadap banyak jenis masalah kulit, termasuk jerawat.[3] Obat ini sudah digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara, Asia Timur, dan India sejak berabad-abad silam. Ada efek calming yang membuat peradangan jerawat cepat mereda. 

KelebihanAmpuh mengurangi peradangan akibat jerawat
Punya efek calming dan minim iritasiT
ahan lama dan minim transfer
Ampuh menutupi redness akibat jerawat
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Tak memiliki SPF
Harga Mulai dariRp66.300

4. Barenbliss Soul-Matte Loose Powder

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 10

Lalu, produk dari Barenbliss ini pun dapat jadi opsi. Hal ini sebab tak ada bahan yang comedogenic di dalamnya. Jadi, meski produk ini dapat memberi efek poreless, tak ada bahan yang dapat menyumbatnya. Terlebih bila kamu ingin bedak tabur untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tahan lama. 

Di samping itu, ada pula muatan manicouagan clay yang cocok untuk kulit acne prone. Tanah liat asal Kanada ini terkenal ampuh mengontrol sebum, sehingga produksinya tak akan berlebihan. Hal inilah yang mencegah jerawat tumbuh di sana meski kamu memakai make up seharian. 

Lalu, ada sensasi dingin dan segar dari muatan minty menthol yang dapat memberikan efek calming pada jerawat yang masih meradang. 

KelebihanMemberikan efek calming pada jerawat yang masih aktif
Tak mudah terhapus keringat dan air
Ampuh mengontrol produksi sebum berlebih 
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Tak memiliki SPF
Harga Mulai dariRp79.200

5. Luxcrime Second Skin Loose Powder 

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 11

Opsi loose powder untuk kulit berminyak dan berjerawat lainnya yaitu produk dari Luxcrime yang satu ini. Sebab, produk ini dapat menyerap sebum berlebih yang ada di wajah, namun tetap menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu, kamu dapat tampil lebih flawless di sepanjang hari. 

Di samping itu, ada pula muatan ekstrak olive oil yang bagus untuk kulit. Hal ini sebab oil tersebut mengandung anti-inflamasi yang dapat mengobati luka akibat jerawat dan mencegah peradangan di sana. Selain itu, zaitun pun kaya akan squalene yang menghidrasi kulit dan kaya antioksidan.[4]

Kelebihan lain dari produk satu ini yaitu hasilnya yang smooth tanpa ada whitecast, terlebih saat kamu mengambil gambar dengan kamera. Jadi, selama kamu tak memiliki alergi terhadap olive oil, maka kamu dapat memakai produk ini dengan aman tanpa ada iritasi. 

KelebihanMencegah peradangan jerawat
Menghidrasi kulit tanpa produksi sebum berlebih
Tak menghasilkan whitecast di foto 
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Tak memiliki SPF
Tak transfer-proof
Harga Mulai dariRp96.000

6. Rose All Day The Realest Lightweight Loose Powder 

6 bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 12

Bila kamu masih bingung memilih bedak untuk kulit berjerawat dan sensitif, produk dari brand Rose All Day ini dapat masuk ke dalam pertimbangan. Hal ini sebab ada formula pore-blurring yang dapat menyamarkan pores tanpa harus menyumbatnya. Jadi, tak ada jerawat baru yang muncul di sana. 

Selain itu, produk ini pun termasuk bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan beruntusan sebab ada muatan ekstrak rosa damascena di dalamnya. Rosa damascena sendiri merupakan salah satu jenis mawar yang kaya akan anti-inflamasi dan antibakteri. Di samping itu muatan antioksidannya pun tinggi.[5]

Hanya saja, memang tak ada muatan SPF di dalam bedak ini. Jadi, jangan lupa untuk memakai sunscreen sebelum bedak agar kulit wajahmu dapat terhindar dari sinar matahari. Hal ini karena radiasi UV dari sinar matahari juga dapat membuat kulit wajah rusak. 

KelebihanMembuat kulit wajah seakan poreless tanpa menyumbatnya
Mengandung antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi 
Relatif tahan lama
KekuranganOpsi shade yang masih sangat terbatas
Tak memiliki SPF
Harga relatif mahal
Harga Mulai dariRp112.000

Jadi, di antara rekomendasi bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat di atas, mana yang menarik perhatianmu? Jangan lupa untuk membaca kelebihan dan juga kekurangan masing-masing produk, lalu pilih yang paling kamu butuhkan. Pastikan pula kamu tak alergi dengan bahan-bahannya, ya!

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version