Ketika merias diri, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak memakai foundie sebagai base. Product ini bisa membuat make up lebih ngeset dan tahan lama. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tampil lebih flawless karena pori-pori akan tersamarkan. Namun, pastikan kamu memilih foundation untuk kulit berjerawat, kalau punya masalah dengan jerawat, ya.

Sebab, penggunaan foundie yang salah bisa membuat jerawat semakin parah. Bahkan, bahan-bahan yang ada di dalamnya, bisa saja menyumbat pori dan membuat komedo dan jerawat baru di sana. Jadi, sama seperti ketika memilih bedak untuk kulit berjerawat, pastikan product itu diformulasi secara khusus. 

Penasaran apa saja foundation yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat? Inilah rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan! 

1. Maybelline Fit Me Matte and Poreless Liquid Foundation 

5 produk foundation untuk kulit berjerawat 6

Tahukah kamu salah satu alasan kenapa pakai foundation jadi berjerawat adalah karena ada bahannya yang bersifat comedogenic? Bahan tersebut akan menutup pori, membentuk komedo, dan pada akhirnya berkembang menjadi acne.[1]

Karena itu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan jika kosmetik yang kamu pakai bersifat non-comedogenic. Ini adalah satu dari sekian product yang worth it untuk kamu coba. 

Product ini bisa mengunci minyak sehingga make up bisa tahan hingga 16 jam. Namun formulasinya tetap non-comedogenic, seperti aqua dan aluminium hidroksida.  

Tidak hanya product foundie, brand ini juga memiliki product bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kamu bisa memakai bedak ini setelah foundie untuk hasil yang lebih flawless

KelebihanTahan 16 jam
Memiliki muatan SPF
Punya banyak variasi shade untuk tone fair to medium 
KekuranganVariasi shade untuk warna tone sawo matang kurang variatif 
Harga yang relatif mahal
Harga Mulai dariRp172.000

2. Make Over Power Stay 24H Weightless Liquid Foundation 

5 produk foundation untuk kulit berjerawat 7

Kalau kamu mencari foundie yang lebih tahan lama, product dari Make Over ini sangat worth it untuk kamu coba. Hasil akhirnya tak hanya akan terlihat matte dan flawless, namun juga tidak akan menimbulkan reaksi negatif untuk kulit yang berjerawat. Hal ini karena formulasi oil regulatory technology. 

Berkat formulasi ini, wajahmu akan bebas dari minyak seharian. Meskipun begitu, jerawat baru tidak akan muncul di sana. Sebab, produksi minyak tidak hanya dikontrol dari lapisan paling atas saja, namun juga lapisan bawahnya. 

Tidak hanya itu, product ini juga memiliki muatan bahan aktif hydrogenated polyisobutene yang ampuh menjaga kelembapan kulit.[2] Lalu, ada juga tambahan SPF30/PA++ yang bisa menambah perlindungan dari radiasi sinar UV yang membuat jerawat semakin parah. 

KelebihanTahan 24 jam
Variasi warna yang cukup lengkap dan inklusif untuk semua jenis tone
Muatan SPF yang cukup tinggi 
KekuranganHarga lebih mahal daripada Maybelline 
Harga Mulai dariRp189.000

3. Luxcrime Radiant Silk Foundation SPF 50 PA+++

5 produk foundation untuk kulit berjerawat 8

Ingin menggunakan foundie dengan perlindungan SPF yang lebih tinggi? product dari Luxcrime yang satu ini bisa jadi solusinya. Bahkan, product ini termasuk foundation untuk kulit berjerawat dan sensitif yang efektif untuk meredakan jerawat meradang. Hal ini karena ada muatan Glycerin di dalamnya. 

Tidak hanya bisa melembapkan wajah tanpa memproduksi minyak yang berlebihan, bahan aktif yang satu ini juga termasuk agen antibakteri yang sangat canggih.[3] Jadi, tidak heran jika ada banyak product penangkal jerawat yang memakai bahan aktif ini. 

Lalu ada juga muatan ekstrak teh hijau dan ekstrak centella asiatica yang ampuh untuk menenangkan peradangan pada jerawat. 

KelebihanMuatan SPF yang sangat tinggi
Ampuh meredakan dan menenangkan jerawat yang meradang
Lebih murah dari produk Make Over dan Maybelline 
KekuranganVariasi shade sudah cukup inklusif, namun kurang lengkap
Daya tahan tidak sebaik Maybelline dan Make Over
Harga Mulai dariRp159.000

4. Sea Makeup Acne 24th Longwear Foundation 

5 produk foundation untuk kulit berjerawat 9

Apabila kamu sedang mencari foundation untuk kulit berjerawat murah, Sea Makeup adalah salah satu jawabannya. Hal ini karena ada muatan asam salisilat yang sudah terbukti ampuh mengatasi jerawat. Bahan aktif ini bisa menyembuhkan luka yang muncul akibat jerawat dan mengurangi inflamasi.[4]

Selain asam salisilat, terdapat juga muatan tripeptides dan ekstrak kakadu yang tidak kalah ampuh memerangi bakteri penyebab jerawat. 

KelebihanFormulasi khusus untuk wajah berjerawat
Lebih murah dari product yang lainnya
KekuranganVariasi shade sudah cukup inklusif, namun masih kurang variatif
Tidak memiliki muatan SPF
Harga Mulai dariRp78.000

5. Skintific All Day Perfect Serum Foundation 

5 produk foundation untuk kulit berjerawat 10

Variasi foundation untuk kulit berminyak dan berjerawat dan tahan lama lainnya yang tidak kalah worth it untuk kamu coba adalah foundie dari Skintific. Product ini memiliki muatan ekstrak centella yang secara klinis terbukti memberikan efek terapeutik pada berbagai penyakit dermatologis, termasuk jerawat.[5]

Selain itu, ada juga muatan HA (asam hialuronat) yang berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah tanpa menimbulkan product minyak berlebih. Jadi, foundie dari Skintific ini sangat aman untuk kamu yang punya masalah jerawat. 

Kelebihan lainnya dari product ini adalah ketahanannya. Sebab, kamu bisa beraktivitas seharian tanpa takut make up luntur atau transfer ke masker ketika kamu memakainya. Hanya saja, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen, ya! 

KelebihanFormulasi khusus untuk wajah berjerawat
Tahan 24 jam
Waterproof 
KekuranganVariasi shade sudah cukup lengkap untuk tone fair to medium, namun masih kurang variatif untuk sawo matang dan gelap
Tidak memiliki muatan SPF
Harga yang lebih mahal dari variasi yang lain
Harga Mulai dariRp249.000

Jadi, kira-kira product foundation untuk kulit berjerawat mana yang akan kamu pilih? Pastinya, kamu bisa menyesuaikannya dengan preferensi pribadi, budget, dan faktor-faktor yang lain. Perhatikan benar-benar apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing product sebelum kamu memilih!

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version