Salah satu cara termudah untuk mencegah dan perawatan rambut rontok dan ketombe adalah menjaga kebersihan rambut dengan mencucinya secara teratur dan sering menyisirnya Karena Semua orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat.

Namun, berbagai masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan bisa muncul secara tidak terduga. Masalah ini tidak akan berlangsung lama jika Anda mengetahui langkah-langkah perawatan rambut rontok dan ketombe yang praktis, efektif dan to the point pastinya. Jangan sampai membiarkan ketombe di rambut Anda.

Ini berarti rambut tidak dalam keadaan sehat dan kerontokan rambut selanjutnya dapat terjadi, yang menyebabkan alopecia prematur. Tapi jangan khawatir. Jika Anda masih dalam tahap normal, Anda tidak perlu pergi ke salon atau membeli berbagai produk mahal untuk mengatasinya karena di bawah ini akan menjelaskan secara terperinci apa saja Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe agar selalu terjaga dan tetap bersih.

Kedelapan Langkah Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe

Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe

1. Carilah penyebabnya

Rambut rontok dan ketombe tidak serta merta muncul secara alami. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti panas, debu dan polusi, gaya hidup, cara keramas, cara menyisir rambut dan stress yang pemakaiannya juga dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut dan ketombe.

Mulailah Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe dari Akar masalah dan penyebabnya. Dengan memperhatikan penyebab dari kedua masalah tersebut, Anda dapat lebih memahami kondisi rambut Anda dan merawatnya dengan lebih baik.

2. Keramas Secara Rutin

Ketika Anda khawatir tentang Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe yang tidak terlihat efisien, maka Keramas rambut adalah suatu keharusan. Untuk menjaga kebersihan rambut, Anda harus Keramas Secara Rutin minimal setiap hari atau paling tidak tiga kali seminggu.

3. Mengurangi ikat rambut.

Pada dasarnya, keberadaan karet rambut itu sudah multifungsi dan praktis. Kebanyakan orang selalu mengikat rambut mereka untuk menambah variasi gaya rambut mereka, menghindari angin panas atau mendukung jilbab yang mereka kenakan. Namun, terlalu sering mengikat rambut tidak baik untuk kepala dan rambut, terutama jika Anda cenderung memiliki kulit kepala yang sensitif.

Belum lagi jika rambut Anda masih basah yang pastinya akan memperbanyak jumlah ketombe dalam rambut. Sebaiknya biarkan rambut tergerai setelah keramas atau saat Anda di rumah. Ikatlah rambut atau untaian longgar juga bisa digunakan sebagai pengganti ikat rambut agar rambut dapat “bernapas” dengan mudah.

4. Nutrisi ekstra.

Karena kondisi kepala yang tidak sehat, mencuci rambut secara rutin dan menggunakan kondisioner saja tidak cukup untuk mengatasi kerontokan rambut dan ketombe, Anda bisa melakukan Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun dan minyak kelapa. Jadi Cukup oleskan bahan alami -alami ini ke rambut Anda dan pijat kepala dengan lembut. Juga, berhati-hatilah untuk tidak menerapkannya terlalu banyak dan Kegiatan ini sebaiknya dilakukan 15 menit sebelum keramas.

5. Jaga kesehatan mental Anda.

Tidak diragukan lagi akibat stres dengan suasana hati yang buruk dari masalah sehari-hari juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dan ketombe. Pada awalnya Ketidak seimbangan pada hormon yang terjadi pada tubuh yang dapat mempengaruhi keseimbangan produksi minyak tubuh. Hal ini akan berujung pada minyak yang menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Bahkan efeknya juga bisa membuat stress yang berkepanjangan.

6. Mulailah berolahraga.

Jika Anda sudah melakukan semua Perawatan Rambut Agar Tetap Hitam Berkilau dan masih merasa tujuan Anda untuk mendapatkan rambut sehat semakin jauh dari kenyataan, Anda mungkin perlu melakukan perubahan gaya hidup. Percaya atau tidak, olahraga bisa menjadi salah satu perawatan rambut rontok dan ketombe.

Pada dasarnya, berolahraga diaggap sebagai salah Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe dan membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar ini memungkinkan seluruh tubuh untuk mengambil oksigen dan meningkatkan metabolisme sel. Berolahraga secara teratur memberi Anda HGH (Human Growth Hormone) tingkat tinggi, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk membunuh bakteri dan kuman.

7. Hindari Keramas rambut dengan air hangat

Apakah Anda merasa kondisi Anda sehat tetapi rambut Anda selalu rontok? Mungkin salah satu penyebabnya adalah keramas rambut dengan air hangat atau panas. Keramas rambut yang terlalu lama dengan suhu tinggi dapat menyebabkan batang rambut menjadi rapuh. Maka jangan heran jika rambut terasa kencang dan rontok, padahal tubuh sedang rileks setiap habis mandi air panas.

8. Cobalah Eksfoliasi dengan scrub kulit kepala

Sama seperti perawatan rambut rontok dan ketombe lainnya, eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkan kulit. Anda bisa menggunakan kopi sebagai lulur halus atau mencoba garam Himalaya setelahnya Aduk rata, oleskan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut selama beberapa menit sebelum dibilas.

Apa saja Penyebab Terjadinya Rambut Rontok dan Ketombe?

Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut biasanya tumbuh antara 50 dan 100 helai per hari dan kondisinya sendiri tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan rambut yang rontok diganti dengan rambut baru setiap harinya. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang melebihi jumlah tersebut, Anda telah mengalami kerontokan rambu yang berlebihan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

Pasca Melahirkan

Wanita yang telah mengalami Pasca Melahirkan mungkin mengalami kerontokan rambut sekitar tiga bulan setelah melahirkan. Hal ini karena setelah melahirkan, wanita mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Diet ketat

Pola makan yang drastis dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini karena mengikuti diet ketat dapat menyebabkan rambut kekurangan nutrisi seperti protein, asam lemak esensial, zat besi dan seng, yang berfungsi sebagai keratinizer untuk rambut.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dan ketombe. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan hormon tiroid, yang berfungsi menyuplai oksigen ke rambut. Oleh karena itu, kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan rambut rontok dan kulit kering.

Baca Lainnya :9 Urutan Perawatan Rambut Agar Tetap Hitam Berkilau

Alopecia areata

Penyebab terakhir kerontokan rambut adalah karena penyakit autoimun yang disebut alopecia areata. Penyakit ini menyebabkan peradangan dan sangat mempengaruhi pertumbuhan folikel rambut.

Stres

Stres adalah penyebab paling umum adanya Rambut Rontok dan Ketombe. Stres yang berlebihan menyebabkan folikel rambut beristirahat, menyebabkan rambut rontok dan menjadi lebih tipis. Rambut rontok ini dikenal sebagai telogen effluvium. Alih-alih, cari waktu untuk menenangkan pikiran dan istirahat dari rutinitas yang menyebabkan stres.

Dengan Informasi diatas, Anda bisa proaktif meminimalisir hal-hal penyebab rambut rontok dan ketombe seperti di atas. Temukan sampo anti ketombe yang cocok untuk Anda. Menggunakan pemulih rambut tanpa saran khusus dari dokter Anda tidak dianjurkan. Pastikan juga nutrisi harian Anda selalu terpenuhi.

Kesimpulan

Jika kerontokan rambut masih bermasalah meski telah dilakukan Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, rambut rontok atau ketombe yang Anda alami bisa jadi merupakan tanda peradangan atau penyakit serius yang membutuhkan pertolongan medis.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version