Bagi anda yang sedang memilih skincare untuk mengecilkan pori pori, Anda perlu cermat dan bijak sebelum membeli dan menggunakannya. Pori – pori di kulit wajah memiliki peran yang sangat penting. Merupakan lubang sangat kecil untuk keluarnya minyak alami yang berfungsi untuk melindungi wajah dari sinar matahari dan berbagai paparan lainnya.

Skincare yang mampu mengecilkan pori – pori harus memiliki kandungan yang aman, bahkan untuk kulit sensitif, karena penggunaannya akan terserap langsung dan masuk ke sel kulit melalui pori – pori. Jika sampai salah menggunakan produk kecantikan ini, bisa menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit wajah.

Kandungan pada Skincare untuk Mengecilkan Pori Pori

Skincare untuk mengecilkan pori  pori banyak dijual di pasaran baik lokal maupun import. Agar memiliki efektivitas yang signifikan dalam mengecilkan pori – pori kulit wajah, pilih produk skincare yang mengandung minimal salah satu dari bahan – bahan berikut ini.

1.      Niacinamide

Merupakan zat yang sangat baik untuk kulit wajah. Niacinamide mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan. Mampu memberikan kelembaban pada kulit untuk mencegah kulit kering. Antioksidan dan kelembaban ini tentunya bisa menyehatkan kulit dan mengembalikan elastisitasnya sehingga pori – pori akan mengecil dan wajah terlihat halus.

Skincare dengan kandungan Niacinamide sudah banyak ditemukan di Indonesia. Penggunaan secara rutin akan meningkatkan kesehatan sel kulit wajah dan meregenerasi adanya sel – sel kulit yang mati.

2.      Retinol

Retinol dikenal luas sebagai bahan yang memiliki manfaat anti penuaan dini. Selain itu, retinol atau retinoid ini mampu menstimulasi pembentukan kolagen serta sel kulit baru, sehingga kulit wajah menjadi kencang serta pori – pori akan mengecil.

Memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak, retinol juga mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah lainnya seperti berjerawat, flek hitam pori – pori besar dan lain sebagainya.

Untuk tujuan mengecilkan pori – pori di wajah, skincare dengan komposisi retinol ini bisa Anda pilih. Namun demikian, Anda tetap perlu memperhatikan faktor lain seperti jenis kulit apakah normal atau sensitif.

Skincare untuk mengecilkan pori pori 4

3.      Glycolic Acid / AHA

Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk meregenerasi sel kulit mati agar bisa tergantikan dengan kulit baru yang sehat. Selain itu, AHA juga mampu mengatasi penyumbatan pada pori-pori kulit akibat sel kulit mati, debu maupun sisa riasan.

Zat Glycolic acid (AHA) ini banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai produk kecantikan dan skincare, seperti krim, serum, dan toner wajah. Terbukti efektif dalam mengecilkan pori – pori dan menyehatkan kulit wajah.

4.      Salicylic Acid / BHA

Salicylic Acid atau BHA memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan kulit, seperti mengecilkan pori – pori. Zat ini juga mampu membantu mengurangi peradangan saat kulit wajah iritasi.

BHA mudah larut dalam minyak dan mampu menembus kulit lebih dalam. Bahan anti-inflamasi ini juga memberi efek antibakteri, mengobati jerawat dan mengecilkan pori – pori.

5.      Clay atau Tanah Liat

Tanah liat mengandung kaolin atau bentonit. Zat ini memiliki peran yang penting untuk kekencangan kulit wajah serta mengecilkan pori – pori sehingga wajah menjadi halus dan mulus.

Produk yang mengandung clay atau tanah liat ini umumnya dijumpai dalam bentuk masker wajah. Mampu menyerap minyak dengan baik dan memberikan kelembaban pada kulit wajah sehingga pori – pori akan mengecil.

Adanya pori – pori yang kecil tentunya akan membuat wajah terlihat halus dan mulus. untuk mengecilkan pori – pori menggunakan skincare, pastikan Anda memahami dengan benar mengenai bahan dan komposisinya sehingga fungsi dan tujuan penggunaan skincare tersebut bisa lebih optimal.

Hidup sehat dan pola makan yang tepat merupakan salah satu cara Anda mendapatkan kulit halus dan mulus, selain menggunakan skincare. Khususnya bagi Anda yang masih remaja milikilah gaya hidup sehat serta membatasi asupan gula dan garam yang dikonsumsi sehingga kelak memiliki kulit yang kencang, sehat dan glowing.

Efektivitas Skincare untuk Mengecilkan Pori Pori

Penggunaan skincare sudah umum untuk masyarakat di Indonesia, mulai dari usia remaja hingga orang dewasa. Produk kecantikan ini memberikan peran yang cukup signifikan dalam meningkatkan rasa percaya diri pada saat melakukan aktivitas sehari – hari.

Namun demikian, memilih dan menggunakan skincare perlu berhati – hati agar tidak salah dan memugkinkan timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah pori – pori yang besar.

Efektivitas skincare untuk mengatasi permasalah pori – pori yang besar ini cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya peminat skincare yang memiliki kandungan retinol, niacinamide, AHA dan BHA sebagai skincare wajah harian.

Pori – pori wajah yang membesar umumnya disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan. Secara alami pori – pori akan melebar untuk membuang sebum tersebut. Melebarnya pori – pori tersebut kemudian menyebabkan adanya sumbatan akibat penumpukan kotoran serta sel kulit mati.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan skincare untuk mengecilkan pori – pori secara efektif dan efisien. Namun, penggunaan skincare hanyalah produk pendukung. Anda tentu perlu melakukan pola hidup sehat dengan rajin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari serta menghindari makanan berminyak, agar produksi sebum tidak berlebihan.

Tips Aman Mengecilkan Pori – Pori Wajah Secara Alami

Memiliki kulit halus dan mulus pastinya menjadi dambaan setiap wanita. Adanya pori – pori yang cukup besar akan memberikan efek wajah yang tidak rata. Namun demikian, Anda bisa mencoba tips – tips berikut yang dijamin aman untuk mengecilkan pori – pori wajah secara alami.

Skincare untuk mengecilkan pori pori 5

1.      Gunakan es batu

Es batu memiliki suhu yang sangat kecil, sehingga banyak digunakan sebagai kompress alami yang mudah dan praktis. Es batu juga efektif untuk mengecilkan pori – pori pada kulit wajah, karena pada saat dingin makan pori – pori akan mengecil secara alami. Cara ini bisa dilakukan dengan menempelkan es batu yang dibungkus kain lap pada wajah sekitar 5 sampai 10 detik.

2.      Gunakan gula

Anda bisa melarutkan gula pada minyak zaitun dan menggosokkannya pada kulit sekitar 15 sampai 30 detik. Hal ini efektif untuk mengecilkan pori – pori serta menghilangkan kulit mati yang masih menempel.

3.      Oleskan madu murni

Madu murni dikenal karena memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyehatkan kulit wajah dan mengecilkan pori – pori. Anda cukup mengoleskannya pada area kulit wajah, diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Penggunaan madu murn ini bisa dicampurkan dengan yogurt agar lebih efektif.

4.      Gunakan air lemon

Air perasan jeruk lemon ini efektif dalam mengecilkan pori – pori. Caranya oleskan perasan lemon yang telah dicampur madu dan oleskan pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.

Skincare untuk mengecilkan pori pori 6

5.      Gunakan masker putih telur

Putih telur diklaim berkhasiat mengencangkan kulit wajah serta mengecilkan pori – pori. Caranya sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengocok putih telur dan mengoleskan ke area wajah seperti masker. Diamkan hingga mengering lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

Selain 5 cara alami di atas, pastinya masih banyak cara  – cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan kulit dan mengecilkan pori dengan bahan rumahan yang mudah dan praktis digunakan.

Untuk efektivitas yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakan skincare untuk mengecilkan pori pori. Namun perlu diingat, perhatikan dengan baik kandungan dan komposisinya juga sesuaikan dengan jenis kulit sehingga tidak menimbulkan alergi dan iritasi.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version