Menghilangkan bopeng tentu tidak mudah, karena permasalahan kulit ini timbul akibat jerawat parah dan jaringan parut yang merusak struktur jaringan kulit luar. Namun bagi Anda yang mengalami masalah ini, sekarang banyak dijual produk skincare untuk menghilangkan bopeng pada kulit wajah.

Untuk memilih skincare yang ampuh menghilangkan bopeng, Anda perlu tahu kandungan atau bahan yang digunakan untuk produksi, bagaimana cara benar menggunakannya serta pantangan yang tidak boleh dilakukan seperti konsumsi makanan berminyak, mengkonsumsi alkohol atau menggunakan produk kecantikan lain yang tidak disarankan digunakan bersamaan.

Cara Tepat Memilih Skincare untuk Menghilangkan Bopeng di Wajah

Bopeng – bopeng pada kulit wajah terjadi karena adanya jaringan parut yang tumbuh kemudian menghalangi regenerasi sel kulit wajah, setelah sembuh dari jerawat, luka maupun adanya peradangan. Parahnya, bopeng ini bisa terus melebar jika kulit mengalami luka atau peradangan baru.

Untuk mengatasinya, banyak orang menggunakan skincare untuk menghilangkan bopeng. Namun demikian, pemilihan skincare ini perlu dicermati dengan baik mengenai kandungan dan bahannya sehingga tidak menimbulkan masalah baru pada wajah, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif.

Anda perlu tahu seperti apa cara tepat memilih skincare untuk menghilangkan bopeng diwajah dan jangan sampai salah pilih. Seperti apa caranya? Berikut ulasan singkatnya.

1.      Pilih skincare dengan kandungan vitamin C

Vitamin C mampu menyehatkan kulit dengan cara merangsang pertumbuhan sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit mati. Selain itu, skincare yang mengandung vitamin C tinggi juga mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

2.      Pilih skincare yang mengandung calendula

Calendula merupakan zat yang mampu memperbaiki keseimbangan jaringan kulit dengan sangat baik. Calendula memiliki sifat antiseptik dan melembabkan yang bermanfaat untuk mengobati luka dan mencegah jerawat. Skincare dengan kandungan ini memiliki efektivitas yang cukup besar dalam mengatasi bopeng di kulit wajah.

3.      Pilih skincare yang memiliki komposisi lendir siput

Skincare untuk menghilangkan bopeng 4

Kandungan lendir siput ini memang jarang ditemui pada skincare. Namun beberapa skincare impor, khususnya dari Korea banyak yang menggunakan bahan lendir siput untuk memperbaiki struktur dan jaringan kulit yang tidak rata.

Lendir siput memiliki manfaat yang sangat baik karena bisa dijadikan pelembab alami. Mengandung protein, asam glikolat dan elastin yang secara alami berfungsi melindungi kulit dari kerusakan, infeksi dan paparan sinar UV.

4.      Pilih skincare yang memiliki fungsi utama meningkatkan kolagen

Skincare untuk menghilangkan bopeng 5

Kolagen tentu penting untuk kulit. Skincare yang menawarkan fungsi ini, umumnya memiliki kandungan madecassoside. Madecassoside sangat bermanfaat untuk meredakan kemerahan, mempercepat penyembuhan luka bakar, sekaligus bersifat anti-inflammatory.

Penggunaan skincare jenis ini secara teratur, diklaim mampu secara perlahan memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bopeng – bopeng diwajah secara permanen.

5.      Skincare dengan kandungan ceramide juga efektif menghilangkan bopeng

Anda bisa memilih skincare yang menawarkan komposisi ceramide. Ceramide membentuk lapisan pertahanan yang mampu menahan kadar air pada lapisan kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih halus dan memperbaiki struktur jaringan kulit yang rusak karena jaringan parut. Ceramide juga bekerja sebagai zat anti–aging yang mengurangi kerutan pada kulit wajah serta menjadikannya sehat dan kencang.

6.      Pilih skincare yang memiliki kandungan soybean

Skincare untuk menghilangkan bopeng 6

Soybean kaya akan vitamin B1, antioksidan dan kolagen yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan kulit. Kandungan ini juga membuat kulit wajah Anda semakin bersih, segar, dan terbebas dari masalah bopeng. penggunaan kacang kedelai pada wajah bopeng, mampu merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

7.      Pilih skincare yang memiliki komposisi bakuchiol

Kandungan bakuchiol ini efektif digunakan untuk meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit. Merupakan ekstrak dari daun dan biji babchi, yang sangat berguna untuk mempercepat perbaikan jaringan kulit bopeng. Bakuchiol ini juga bisa digunakan sebagai menjadi pengganti dari penggunaan Retinol bagi jenis kulit sensitif.

8.      Pilihkal skincare yang mengandung madecassoside

Madecassoside mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Memiliki sifat anti-inflammatory sehingga efektif untuk mengatasi bopeng – bopeng. Kandungan ini aman untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Untuk memilih dan menggunakan skincare yang mampu mengatasi bopeng pada kulit wajah, Anda bisa menggunakan skincare yang memiliki komposisi salah satu dari poin – poin di atas. Penggunaan secara rutin tentu bisa berfungsi lebih optimal yang juga dibarengi dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah.

Bubuk Kunyit dan Madu Sebagai Skincare untuk Mengilangkan Bopeng secara Alami

Selain menggunakan skincare untuk menghilangkan bopeng  – bopeng pada kulit wajah, Anda juga bisa mengandalkan produk rempah alami untuk menghilangkan bopeng. Salah satu rempah yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit ini adalah kunyit.

Memiliki kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiradang, bubuk kunyit dipercaya dapat mencegah dan bahkan mengobati berbagai masalah kulit wajah, salah satunya adalah bopeng. Untuk khasiat yang lebih optimal, Anda bisa mencampurkan madu murni pada bubuk kunyit yang diaplikasikan ke wajah seperti masker pada umumnya.

Mengapa harus dicampur madu? Karena madu memiliki khasiat melembabkan kulit, sehingga penyembuhan bopeng dan masalah kulit wajah lainnya menjadi lebih mudah. Kulit lembab identik dengan kulit yang sehat.

Secara umum, masker bubuk kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membantu memudarkan bopeng bekas jerawat. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin.

Caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Campurkan bubuk kunyit dengan sedikit madu untuk membentuk masker.
  • Setelah berbentuk pasta, aplikasikan seperti masker pada umumnya ke area kulit yang bopeng.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit lalu cuci hingga bersih.
  • Tepuk secara perlahan area yang diberi masker kunyit dan oleskan pelembab.
  • Untuk hasil lebih efektif, ulangi proses ini dua kali sehari.

Penggunaan skincare alami ini tentu sangat aman untuk semua kulit wajah, baik kulit normal maupun kulit sensitif tanpa menimbulkan alergi maupun iritasi. Masker kunyit yang dicampur madu memiliki antioksidan yang sangat tinggi, sehingga efektif memperbaiki struktur dan jaringan kulit wajah secara permanen.

Apa Penyebab Kulit Wajah Bopeng?

Kulit bopeng adalah permasalahan kulit yang kerap dialami oleh orang yang berjerawat. Tumbuhnya jaringan parut di area wajah umumnya disebabkan karena jerawat parah sehingga merusak atau menutup sel kulit baru yang akan terbentuk. Permukaan kulit bekas jerawat terisi secara berlebihan hingga bentukannya menonjol atau yang disebut dengan skar akne hipertrofik.

Adanya kulit bopeng juga bisa disebabkan karena sel kulit tidak mampu memproduksi kolagen yang cukup untuk mengisi bekas luka dan akhirnya mengakibatkan indentasi atau cekungan di kulit wajah.

Kulit bopeng ini bisa diatasi dengan bantuan skincare, baik skincare dengan kandungan bahan kimia yang aman maupun skincare alami dengan bahan alami. Skincare untuk menghilangkan bopeng bisa Anda temukan dalam berbagai jenis dan merek. Namun demikian, dalam pemilihannya Anda harus cermat dan memahami kandungan yang ada di dalamnya sehingga fungsinya lebih optimal.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version