Melakukan perawatan wajah secara alami di rumah tentunya jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan bentuk perawatan wajah yang dilakukan di salon kecantikkan. Pasalnya jika perawatan Anda dilakukan seorang diri di rumah, maka Anda pun tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Kebutuhan untuk product kecantikan pun bisa Anda dapatkan lewat pemakaian berbagai bahan-bahan alami yang tentunya sudah ada di rumah Anda, seperti buah-buahan atau bahkan sayuran. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan wajah secara alami di rumah yang dapat Anda lakukan. Untuk itulah simak penjelasan artikel ini dengan seksama.

13 Tips Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

1. Mempersiapkan Alat dan Juga Bahan yang Dibutuhkan

Dalam proses perawatan wajah, meskipun di lakukan secara alami di rumah, tapi pastikanlah Anda mempersiapkan semua bahan dan juga alat yang hendak digunakan. Seperti halnya bahan pembersih wajah, kemudian sabun pencuci muka, scrub, masker, serum atau apalagi air hangat.

Sedangkan untuk peralatannya, Anda dapat menggunakan penjepit rambut, kemudian kuas masker, handuk, atau lebih-lebih baskom untuk mengisi air hangat. Jika beberapa bahan dan juga peralatan itu udah Anda siapkan, maka proses merawat wajah pun dapat langsung Anda lakukan.

2. Proses Membersihkan Wajah

Pada tahap yang satu ini Anda dapat membersihkan wajah Anda terlebih dahulu dari pemanfaatan makeup dengan menggunakan bahan pembersih. Kemudian bilaslah wajah Anda menggunakan air hangat yang tentunya berfungsi untuk mengakses pori-pori.

Jika pori-pori wajah sudah terbuka, maka pastikanlah untuk menggunakan sabun pembersih. Ketika menggunakan bahan yang satu ini, Anda dapat laksanakan gerakan melingkar dengan menggunakan jari-jari dan juga memijat wajah dengan lembut.

Proses perawatan wajah alami di rumah. Ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel agar terangkat dengan lebih baik. Apabila proses pembersihan itu udah selesai, maka Anda pun dapat mencuci kembali bagian wajah dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori dari kulit wajah yang terbuka itu tadi.

3. Pemijatan Kulit Wajah

perawatan wajah secara alami di rumah

Pemijatan yang dilakukan pada bagian wajah dapat Anda lakukan dengan menggunakan minyak zaitun atau moisturizer. Kegiatan memijat ini berfungsi di dalam merelaksasi otot pada bagian wajah, agar sirkulasi yang terdapat di bagian dalamnya pun dapat terjaga dengan lebih baik dan lancar. Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan jari tengah dan juga jari manis agar gerakan memijat dapat dilakukan dengan lebih lembut dan teratur.

4. Steam Wajah Menggunakan Uap dari Air Panas

Steam wajah yang dilakukan dengan air panas berfaedah didalam merangsang pori-pori dari bagian kulit Anda agar terbuka dengan lebih lebar, supaya kotoran dan juga minyak yang terperangkap di bagian dalam kulit pun dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Perawatan steam secara rutin akan menghasilkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

5. Scrubbing Kulit Wajah

Scrubbing dikenal ampuh sebagai cara tepat untuk mengangkat sel kulit mati dari bagian wajah dan juga mengangkat kotoran di daerah kulit wajah dengan lebih baik. Selain itu, kegiatan scrubbing juga dapat membantu Anda di dalam meregenerasi kulit wajah dengan lebih baik, supaya tidak menimbulkan iritasi.

Untuk itu, pastikanlah Anda menggunakan bahan scrubbing yang tepat dengan butiran lembut, seperti halnya mengandalkan pemanfaatan minyak zaitun dengan soda kue atau apalagi menggunakan gula dan bahan alami lainnya.

6. Masker Wajah dari Bahan Alami

Ada banyak buah dan juga sayuran yang dapat mempertahankan kesehatan kulit wajah dengan lebih baik, beberapa diantaranya apalagi dapat dijadikan sebagai masker alami. Di dalam proses perawatan yang satu ini, Anda dapat menggunakan masker alami dari bahan timun, lemon, strawberry, dan juga berbagai bahan-bahan lainnya yang dapat ditemukan dengan gratis di dapur Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan masker madu dan oatmeal untuk menyehatkan kulit. Caranya mudah, cukup campur oatmeal dan madu dengan perbandingan 2:1. Aduk sampai membentuk pasta dan diamkan selama 15 menit. Setelah menggunakan masker, jangan lupa bilas dengan air sampai bersih. Masker madu dan oatmeal ini sangat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menghindar jerawat, dan melembapkan kulit wajah.

7. Pemanfaatan Serum

Jika beberapa tahapan di bagian atas tadi yang sudah Anda lakukan, maka yang terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan didalam proses perawatan kulit wajah alami di rumah adalah menggunakan serum untuk mempertahankan kesehatan kulit dengan lebih baik.

8. Minum Air Putih

Selain dengan melakukan perawatan kulit wajah, Anda juga harus perhatikan suasana tubuh Anda. Minum air putih yang banyak dan cukup juga bisa membantu Anda di dalam merawat wajah, karena jika Anda kekurangan air putih, hal ini bisa memicu kulit jadi kusam dan keriput, ini juga dilakukan untuk menghindari kehilangan cairan tubuh pada tubuh.

9. Olahraga

perawatan wajah secara alami di rumah

Jangan pernah malas untuk berolahraga, karena dengan berolahraga selama minimal dua minggu sekali bisa membuat kulit Anda sehat dan terlihat bersinar, hal ini gara-gara berolahraga bisa membantu aliran darah menjadi lancar.

Berolahraga juga bisa menaikkan situasi fisik, fungsi jantung, membakar kalori. Dan bermacam manfaat lainnya, jadi pastikan Anda tidak malas laksanakan kegiatan ini. Anda dapat lakukan beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah seperti squat, push-up, sit-up, naik turun tangga dll.

10. Perhatikan Makanan

Perhatikan makanan juga bisa merubah suasana kulit Anda. Sangat banyak memakan-makanan manis, asin atau punya kandungan pewarna tidak baik untuk kulit Anda. Memperbanyak memakan buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan seperti buah pisang, delima. Dan buah naga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah. Selain itu juga Anda bisa tingkatkan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, protein. Dan mineral dan makanan-makanan seperti sayuran dan makanan sehat lainnya.

11. Hindari Rokok dan Alkohol

Mengkonsumsi rokok dan alkohol memberi implikasi yang sangat buruk pada tubuh dan kulit. Hindari rokok dan alkohol agar kulit Anda tidak terlihat kusam. Biasanya orang – orang yang akrab dengan kedua hal ini memiliki kulit yang lebih kusam.

12. Istirahat yang Cukup

Selain dengan perawatan – perawatan dan beberapa hal yang harus diperhatikan diatas, waktu istirahat juga memengaruhi suasana dan suasana kulit. Tidur benar-benar malam dan kegiatan malam sangat tidak baik untuk kulit Anda. Jangan lupa juga untuk tidur siang selama 30 – 60 menit untuk membuat tubuh Anda fit dan segar.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil

13. Mengonsumsi vitamin E

Vitamin E .mampu membantu Anda untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dam bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Konsumsi suplemen Vitamin E yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Nah, itulah 11 cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan wajah alami di rumah dengan ulasan diatas. Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan ketika dirumah.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version