Jerawat hilang seharusnya bikin lega. Tetapi pada realitnya, terkadang masih ada masalah baru, yakni ketika jerawat hilang ada yang disertai dengan bekas luka atau bopeng di wajah. Maka dari itu, sudah banyak orang yang mencari skincare untuk menghilangkan bopeng. Bopeng yang dimaksud adalah lubang atau lekuk pada kulit di tempat kemunculan jerawat. Dan seperti kita tahu, hal itu bisa menurunkan kepercayaan diri.

Apa Penyebab Kulit Bopeng?

Sebelum mamacantik.id membahas tentang skincare untuk menghilangkan bopeng, penulis akan memaparkan penjelasan tentang penyebab bopeng, bopeng biasanya muncul akibat jerawat dipencet atau digaruk sampai pecah.

Kebiasaan ini, bukan hanya membuat jerawat meradang, tetapi juga membuat kelenjar minyak yang ada di lapisan kulit terdalam pecah, dan menimbulkan jaringan parut (Luka). Bopeng terjadi saat jaringan parut menarik kulit lapisan atas, sehingga timbul bekas konkaf berlubang di wajah.

Kamu juga perlu mengetahui, jika bopeng pada kulit disebut juga sebagai bekas luka atrofi. Jenis luka ini hanya memiliki kandungan sedikit kolagen, sehingga proses penyembuhan luka menjadi lama.

Bekas luka yang tumbuhpun juga untuk menutupi tempat kulit yang rusak. Makanya, bekas luka tampak kempis atau konkaf. Nah, bukan hanya akibat memencet jerawat, bopeng di wajah juga bisa disebabkan karena cacar air.

Bisakah Wajah Bopeng Lagi Mulus?

Pasti bisa. Bagi beberapa orang, bopeng bisa hilang tanpa menggunakan perawatan khusus, meski membutuhkan waktu yang lama. Tapi bagi beberapa yang lain, harus menggunakan perawatan khusus, seperti:

  • Mikrodermabrasi. Metode ini menggunakan kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati, merangsang perkembangan epidermis dan dermis kulit, merangsang sirkulasi darah dan oksigen, dan juga merangsang perkembangan kolagen kulit. Mikrodermabrasi cukup populer dan aman digunakan untuk menangani gangguan kulit seperti pori-pori besar, kerutan, flek hitam, dan bopeng di wajah.
  • Chemical peeling, memakai cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati. Sama seperti metode mikrodermabrasi, sasaran pengelupasannya adalah kulit lapisan luar atau epidermis. Dan selain untuk menanggulangi bopeng, chemical peeling juga bisa membuat kulit tampak lebih muda dengan mengurangi keruta,  dan menangani hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV matahari.
  • Skin needling. Sesuai namanya, metode ini menggunakan alat berupa penggulung kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya ialah dengan merusak jaringan kulit mati, sehingga membentuk sel kulit baru yang lebih halus dan kenyal. Semakin dalam bopeng, semakin panjang jarum yang digunakan sehingga hasilnya maksimal.
  • Scar Laser Treatment. Metode ini bekerja dengan menghancurkan lapisan kulit paling luar menggunakan bantuan cahaya laser, yang bisa menembus kulit. Jika sudah sampai ke dalam jaringan kulit, sinar laser merangsang produksi kolagen dan sel pembaruan guna mengencangkan kulit. Dan Kamu bisa memperoleh perawatan ini di klinik kecantikan.

Bisakah Bopeng Wajah Dicegah?

Bisa, asalkan kamu tidak menyentuh dan memencet jerawat yang meradang. Lebih baik diamkan jerawat sampai matang. Saat jerawat pecah dan nanahnya keluar, bersihkan secara lembut memakai kapas yang sudah diteteskan toner.

Sebisa mungkin, hindari pemanfaatan kosmetik pada area kulit berjerawat atau luka. Jika dilakukan, ada risiko bakteri masuk, berkembang biak, dan terjebak sampai memicu penyumbatan dan peradangan pada kulit.

Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bopeng

Seperti yang kita tahu, Bopeng atau bekas jerawat yang melengkung ke dalam kulit, dan sebuah permasalahan yang sulit untuk dihilangkan. Bopeng terjadi ketika jerawat meradang, membengkak, dan membuat rusaknya  dinding pori-pori.

Biasanya, bekas jerawat hanyalah berupa noda hitam. Tapi, dikutip dari beberapa laman terpercaya, terkadang noda jerawat masuk ke jaringan di sekitarnya dan membuat bekas luka yang lebih didalam.

Kulit akan langsung memperbaiki luka akibat jerawat dengan membentuk serat kolagen baru. Kolagen juga mempunyai banyak fungsi untuk tekstur kulit. Kolagen bisa mengurangi kerutan, memperbaiki kontur kulit, dan memperbaiki tampilan bekas luka.

Kolagen yang bekerja maksimal, apalagi sampai produksinya berlebih akan menyebabkan luka jerawat, dan meninggalkan bekas jerawat, salah satunya adalah bopeng. Jika bekas jerawatnya adalah noda hitam atau hiperpigmentasi, perawatannya cenderung mudah dan tidak memakan waktu yang lama, cukup dengan dengan skin care pun dapat hilang.

Jika kamu ingin hasil yang maksimal, kamu bisa ke klinik kecantikan dan mencoba treatment untuk menghilangkan bopeng dan memperoleh kulit mulus. Tentunya, perawatan di klinik biasanya lebih mahal.

Jadi, jika kamu sabar untuk mengaplikasikan skin care setiap hari, dengan mencoba untuk mengenakan skin care yang diformulasikan khusus untuk bopeng. Simak rekomendasinya di bawah ini.

1. skincare untuk menghilangkan bopeng: Benton Snail Bee High Content Essence

Kandungan snail atau siput dipercaya mampu untuk merawat tekstur kulit. Salah satu produk dengan kandungan utama snail adalah Benton Snail Bee High Content Essence. Tidak hanya kandungan snail secretion filtrate, essence ini juga mengandung hollyhock roots, dan aloe barbadensis leaf juice.

Sejumlah kandungan tersebut akan membuat kulitmu lebih mulus, halus, dan terhidrasi dengan baik. Untuk harganya sendiri, essence dari Benton ini berada di kisaran Rp 170.000.

2. skincare untuk menghilangkan bopeng: Beautee Nano Scar Serum

Beautee Nano Scar Serum mengandung lactic acid yang diformulasikan untuk segera meresap ke dalam kulit. Lactic acid sendiri merupakan bahan yang membantu kulit regenerasi sehingga kulit baru muncul menggantikan sel kulit yang sudah mati.

Jadi, serum ini akan membantu meremajakan kulitmu dan merawat tekstur. Untuk harga dari produk Beautee Nano Scar Serum adalah sekitar Rp 280.000.

3. skincare untuk menghilangkan bopeng: Keyglow Snail Serum

Dari namanya pun sudah ketahuan ya, kandungan utama serum dari Keyglow ini. Yap betul sekali, lendir siput.

Lendir siput itu mengandung protein, asam glikolat dan elastin yang mampu secara alami melindungi kulit dari kerusakan, serta memperbaiki tekstur kulit dan cocok sebagai skincare untuk menghilangkan bopeng. Bekas jerawat berupa noda hitam juga bisa dihilangkan dengan serum berbahan dasar lendir siput.

Harga dari Keyglow Snail Serum adalah sekitar Rp 159.000.

4. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum

Brand Korea ini sempat sangat viral di Indonesia karena memang memberi hasil yang bagus. Untuk merawat bopeng, kamu bisa menggunakan serum Some by Mi dengan kandungan utama snail truecica, terdiri dari black snail extract dan truecica.

Serum ini akan membantu kulitmu regenerasi, sehingga noda dan bekas luka jerawat bisa sepenuhnya hilang. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum ini dibanderol dengan harga Rp 175.000.

5. skincare untuk menghilangkan bopeng: COSRX Advanced Snail 92 Mucin Power Essence

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence diformulasikan dengan 96% snail secretion filtrate (mucin) yang bermanfaat untuk memberi kelembapan ekstra pada kulit, dan tentunya memperbaiki tekstur kulit.

Selain ekstrak lendir siput, essence COSRX ini juga mengandung sodium hyaluronate dan allantoin. Harganya sekitar Rp 220.000.

Itulah rekomendasi skin care untuk menghilangkan bopeng, beserta penjelasan tentang penyebabnya. Meskipun barangkali hasilnya tak akan semaksimal treatment di dokter kulit, tapi setidaknya bopeng bisa tersamarkan. Selamat Mencoba!

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version