Ketika mendengar kata “sabun JF”, satu hal yang pastinya terlintas di benak  adalah sabun untuk menghilangkan jerawat. Namun, bisakah sebetulnya sabun JF untuk memutihkan wajah? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.

Sabun Cuci Muka JF

Sabun jf untuk memutihkan wajah: manfaat, cara pakai & harga 5

Perlu kamu ketahui, bahwa ada banyak varian sabun JF yang ada di luar sana dan yang paling populer adalah si oranye, JF Anti Acne Cleanser Bar. Sabun JF untuk apakah ini?

Sabun JF Anti Acne Cleanser Bar ini secara khusus dibuat untuk menuntaskan masalah jerawat. Oleh karenanya kandungan utama sabun JF untuk jerawat ini adalah sulfur yang punya sifat antijamur juga antibakteri.[1] Pada kenyataannya sabun ini tidak bisa kamu gunakan untuk membuat kulit tampak lebih putih. 

Lalu, sabun apa yang bikin muka putih? Jika kamu mencari sabun pemutih wajah, kamu bisa menarik manfaat dari JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar yang punya kandungan bahan yang bisa mencerahkan kulit. 

Apa Manfaat Sabun Cuci Muka JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar?

Sabun jf untuk memutihkan wajah: manfaat, cara pakai & harga 6

Mengandung beberapa bahan pilihan, sabun batang pemutih wajah memiliki sejumlah manfaat. Berikut adalah beberapa kegunaan dari JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar:

1. Mencerahkan Kulit

Dalam upaya mencerahkan kulit, sabun JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar menyematkan dua bahan bermanfaat, yakni niacinamide serta lactic acid. 

  • Niacinamide 

Niacinamide yang merupakan senyawa organik dari vitamin B3 dalam produknya. Keistimewaan dari niacinamide adalah kapabilitasnya yang memang sudah teruji bisa mendorong kulit untuk menjadi lebih cerah. 

Cara kerja niacinamide ini cukup efektif, yakni menghalangi pemindahan melanosom atau sel yang mengandung pigmen ke lapisan kulit yang lebih luar.[2] Dengan cara kerjanya ini, niacinamide mampu meningkatkan tampilan kulit sekaan-akan lebih putih serta mengurangi noda dan bintik-bintik gelap pada kulit.[3]

  • Lactic Acid 

Senyawa ini merupakan salah satu bentuk alpha hydroxy acid (AHA). Fungsi dari senyawa ini adalah mengeksfoliasi kulit dengan “melonggarkan lem” yang ada antar permukaan kulit dengan sel kulit mati.[4] 

Melalui tindakan ini lactic acid menstimulasi pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat. Sebagai hasilnya, kulit muka akan terlihat lebih cerah dan seakan-akan lebih putih karena sel kulit mati yang kusam sudah tergantikan. 

2. Melembapkan Kulit

Meskipun bukan termasuk manfaat utamanya, sabun ini juga bisa melembapkan kulit melalui kandungan lactic acid dan juga glycerine. Kedua senyawa ini mempunyai peran sebagai humektan. Artinya kedua senyawa ini bisa mengambil kelembapan dari udara dan mempertahankannya di kulit. 

Manfaat ini tidak secara langsung memberikan sumbangan pada peningkatan tampilan kulit yang lebih cerah. Namun tak dapat dipungkiri bahwa kulit kering merupakan salah satu pemicu kulit tampak kusam dan gelap.

3. Mengatasi Jerawat

Sesuai dengan karakteristik dari sabun JF lainnya, varian ini juga mengandung sulfur dalam formulasinya. Apa fungsi sulfur untuk wajah? Sulfur ini sangat berguna memberantas jerawat pada kulit. 

Pemanfaatan komponen sulfur sebagai solusi untuk mengatasi jerawat sudah diterapkan sejak zaman Mesir kuno. Kemampuannya sebagai agen antibakteri memungkinkan penanggulangan efektif terhadap jerawat yang sedang aktif, membantu mengeringkannya secara efisien.[5]

Meskipun juga mengandung sulfur, penggunaan sabun varian ini tentu saja tidak akan seefektif varian sabun JF orange yang difokuskan secara khusus untuk jerawat. 

Cara Pakai Sabun JF untuk Memutihkan Wajah

Sabun jf untuk memutihkan wajah: manfaat, cara pakai & harga 7

Menggunakan sabun JF untuk memutihkan wajah sama simpelnya dengan penggunaan sabun muka batang lainnya. Caranya cukup mudah, hanya basahi sabun dengan air lalu pakai busanya untuk membersihkan wajah. Hindari area sekitar mata karena kandungannya dapat menyebabkan iritasi dan perih jika masuk ke mata.

Untuk pemakaiannya, kamu juga bisa menggunakannya setiap hari. Namun demikian, perlu diingat bahwa penggunaan sabun sulfur yang berlebihan dapat mengakibatkan kekeringan pada kulit. Bahkan jika sabun mengandung bahan yang bisa melembapkan. 

Untuk itu pakailah sabun sekiranya dua kali saja dalam sehari karena menjaga keseimbangan kelembapan kulit menjadi hal penting dalam rutinitas kecantikanmu. Sesudah menggunakan sabun, kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan produk topikal tambahan untuk membantu mempertahankan kelembapan wajah. 

Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Sabun JF untuk Memutihkan Kulit

Sabun jf untuk memutihkan wajah: manfaat, cara pakai & harga 8

Agar kamu dapat menimbang apakah sabun JF untuk memutihkan kulit ini sesuai dengan kebutuhanmu, mari telaah bersama kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan – Produk sabun aman untuk semua tipe kulit
– Mengurangi jejak bekas jerawat melalui proses eksfoliasi yang lembut pada kulit
– Harga produk tidak membuat dompet kering
– Busa yang melimpah memberi kepuasan saat wajah dibersihkan
Kekurangan – Bentuk sabunnya yang berupa batangan membuat penyimpanannya lebih rumit
– Tidak praktis untuk kamu bawa ketika bepergian
– Masih mengandung parfum yang mungkin kurang cocok pada sebagian orang
– Komposisi Sodium Laureth Sulfate (SLS) masih terdapat dalam produk
– Sabun batang yang terbuka udara dalam penyimpanannya cenderung kurang higienis
HargaRp18.000 (65 gram)

Dari berbagai varian sabun JF, produk JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar ini adalah sabun dengan kandungan yang bisa mencerahkan wajah. 

Namun penting untuk kamu pahami bahwa fungsi sesungguhnya dari sabun ini ialah memudarkan bekas jerawat membandel di kulit bukan memutihkan kulit. Penggunaan sabun ini akan jauh lebih optimal jika memang permasalahan kamu adalah noda jerawat. 

Jika sedang mencari opsi sabun untuk meraih muka yang lebih cerah, pilihan yang baik adalah mencoba sabun Wardah untuk memutihkan wajah atau merek lainnya.

Jangan hanya terpaku pada satu pilihan sabun JF untuk memutihkan wajah. Pertimbangkan alternatif sabun dengan fokus mencerahkan muka lainnya untuk langkah yang lebih efektif dalam membantu kamu mencapai tujuan perawatan kulit.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version