Pastinya kamu resah sekali jika berurusan dengan suasana kulit kusam. Nah, apakah kamu termasuk orang yang sering bertanya soal bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam sehingga bisa tampak lebih sehat dan cerah? Nah pas sekali kamu berada di blog ini.

Kali ini mamacantik.id sedang memberikan penjelasan tentang kesehatan pada wajah, Rupanya sudah tidak sabar untuk mengetahui cara merawat wajah agar tidak kusam, yuk ikuti terus artikel ini yang bisa membantumu sebagai berikut.

Paling Ampuh, Inilah 8 cara merawat wajah agar tidak kusam

1. Pembersih Lembut di Wajah

Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk memastikan bahwa kamu sudah benar-benar menghapus riasan dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Hindari scrub yang teksturnya keras karena ia bisa menjadi penyebab iritasi kulit, robekan kecil, kemerahan, dan kulit terkelupas.

Terapkan double cleansing. Pertama, gunakanlah minyak pembersih atau cleansing oil terlebih dahulu untuk menghapus riasan dan tabir surya tanpa merusak lapisan atas kulit kamu. Setelah itu, lakukan termin kedua pembersih lembut untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah.

2. Hindari Air Panas: cara merawat wajah agar tidak kusam

Air panas dapat menghilangkan minyak alami yang bisa memicu kekeringan dan iritasi. Air bersuhu tinggi juga dapat membuat pelebaran pembuluh superfisial yang mengakibatkan kulit kemerahan, namun hanya saat.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah. Pilih juga pelembab dengan bahan-bahan seperti coconut oil, shea butter, atau almond oil untuk membantu menjaga kelembaban kulit.

3. Tambahkan Serum Wajah

Serum wajah memiliki kandungan bahan dengan konsentrasi tinggi yang akan membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan juga mengurangi tkamu penuaan. Karena serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit, kamu dapat mengoleskannya sekali atau dua kali sehari setelah pembersihan.

Kamu bisa kenakan serum dengan kadar vitamin C, vitamin B3 ( niacinamide ) yang mempunyai dampak antioksidan kuat untuk membantu menahan implikasi radikal bebas merusak kolagen.

4. Gunakan Masker Wajah: cara merawat wajah agar tidak kusam

Memanjakan diri kamu dengan masker wajah mingguan adalah cara untuk menghilangkan wajah kusam hitam dan berminyak yang efektif. Pilih masker dengan takaran antioksidan, asam hialuronat, shea butter, atau bahan pelembab dan pencerah lainnya

Kamu bisa menggunakan masker wajah sebanyak 1-3 kali di dalam sepekan, tetapi ini tergantung pada product dan tipe kulit kamu. Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian product terlebih dahulu.

6. Maksimalkan Pelembab

Melembabkan dua kali sehari dengan product yang tepat dapat membantu mempertahankan kesehatan kulit dan mengobati bermacam macam persoalan kulit. Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi penghalang kulit, mengencangkan kulit, dan menahan kehilangan cairan tubuh atau kulit kering.

7. Merangsang Perkembangan Kolagen dengan Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang terbukti secara ilmiah bisa merangsang perkembangan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. Retinoid ini berfungsi membantu menghilangkan sel-sel kulit yang lebih tua, lalu membawa sel-sel baru yang segar ke permukaan kulit.

Retinoid juga menghaluskan dan menipiskan lapisan atas sel. Pada selanjutnya, cahaya akan memantul lebih baik dari permukaan halus ini, memberimu cahaya yang lebih alami. Sebagai permulaan, terapkan perawatan retinoid dua malam di dalam sepekan, kemudian menaikkan frekuensinya saat kulit terbiasa dengan bahan ini.

8. Pakai Tabir Surya Setiap Hari: cara merawat wajah agar tidak kusam

Menggunakan tabir surya setiap hari. Pemanfaatan sunscreen bermanfaat membantu menghambat rusaknya implikasi sinar Uv, termasuk hiperpigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam. Tabir surya juga sangat penting untuk kulit berminyak. Product ini akan mempertahankan kulit tetap terlindungi dari persoalan lainnya seperti pori-pori tersumbat sampai jerawat.

9. Menggunakan Sunscreen dengan SPF dan PA Tinggi

Perlu diingat pemanfaatan sunscreen adalah salah satu dasar dari merawat kulit wajah dan semua tubuh. Karena salah satu penyebab utama dari rusaknya kulit adalah paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Di satu sisi, paparan sinar matahari memang penting untuk asupan vitamin D dan tingkatkan imunitas tubuh.

Tetapi, di sisi lainnya kecuali hiperbola bisa merusak dan memicu kasus kulit, seperti sunspots, photoaging, kulit kusam, kering, dan kehilangan cairan tubuh. Oleh karena itu, kamu memerlukan pemberian dari sunscreen yang tepat. Menyimak kriteria sunscreen yang tepat untuk melindungi dan merawat kulitmu dengan optimal berikut ini:

  • Punyai SPF tinggi, yaitu 50+
  • Miliki PA tinggi, yaitu ++++

Punya pemberian yang semakin kuat apalagi setelah terkena panas, air, atau keringat, seperti Triple Defense Technologies dari ANESSA

Disamping menyimak sunscreen yang memiliki kriteria SPF 50+ dan Pa++++, kamu juga perlu mencermati teknologi yang memproteksi kulitmu. Contohnya, ANESSA Beauty Sunscreen yang dilengkapi dengan teknologi yang dapat memproteksi kulitmu lebih kuat dan juga lebih tahan lama, yaitu Triple Defense Technologies.

Meskipun sudah punya SPF 50+ dan Pa++++, bukan berarti sunscreen-mu dapat bertahan lama. Supaya, kamu juga membutuhkan sunscreen dengan Triple Defense Technologies yang bisa beri tambahan proteksi optimal dan pemberian merata pada kulit.

10. Rutin Eksfoliasi: cara merawat wajah agar tidak kusam

Eksfoliasi kulit adalah salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam kelanjutannya. Karena dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sel- sel kulit mati pada permukaan kulitmu akan terangkat. Supaya, menghambat adanya kotoran menumpuk yang bisa menjadi komedo atau jerawat. Beberapa manfaat rutin eksfoliasi wajah yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Meningkatkan kandungan kolagen
  • Meratakan warna kulit
  • Mengurangi produksi minyak berlebih
  • Melancarkan aliran darah di tempat wajah
  • Mempercepat regenerasi sel

Tetapi, pastikan untuk melakukannya secara rutin dan seimbangkan dengan menggunakan beauty sunscreen ANESSA selama melakukan kesibukan sehari-hari. Karena, apalah arti rutin eksfoliasi wajah apabila tidak disertai dengan bantuan yang maksimal dari paparan sinar Uv.

11. Melakukan Double Cleansing

Kelanjutannya, setelah melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu juga perlu melakukan double cleansing. Hal ini dikerjakan agar tidak ada residu kotoran, makeup, dan sunscreen yang menempel di permukaan kulit dan terhindar dari kulit wajah jadi kusam.

Ada yang berpendapat terkecuali double cleansing ini bisa dilaksanakan hanya saat kamu menggunakan makeup saja. Namun, saya anjurkan untuk tetap melakukannya secara rutin setiap hari dan menyesuaikan dengan keperluan kulit wajahmu.

12. Gunakan Daily Skincare Routine dengan Vitamin C

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang kaya nutrisi dan melawan tanda-tanda penuaan, dan juga sebagai agen pencerah kulit. Vitamin C juga melindungi kulit dari radikal bebas berkenaan Uv, mencerahkan bintik hitam, dan tingkatkan tampilan kulit secara total. Pilihlah product skincare dengan kadar vitamin C sebagai cara merawat kulit kusam.

Vitamin C Booster Treatment dari Trilogy diperkaya hyaluronic acid, vitamin c powder, daisy flower extract, ascorbic acid 6Prosen, dan citrus nobilis peel oil. Bubuk vitamin C dan penemuan fresh activation-nya terpisah dan akan dicampur saat diaplikasikan pertama kali.

Gunakan 2 kali sehari 3-4 tetes pada wajah untuk perawatan 2 minggu. Khasiatnya ini sangatlah bagus untuk 2 minggu dan selebihnya bekerja sebagai serum untuk hydration.

Itulah beberapa cara merawat wajah agar tidak kusam yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version