Seperti yang kita tahu, masalah kulit yang paling sering dirasakan oleh hampir seluruh orang adalah jerawat. Oleh karena itu, pemilihan product skincare untuk wajah berjerawat tidak boleh sembarangan, agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Dan sebelum membahas tentang skincare untuk wajah berjerawat, penulis akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu sebenarnya jerawat. Jerawat atau disebut juga dengan acne vulgaris (Av) adalah sebuah penyakit peradangan kronis, dari kelenjar pilosebasea yang ditandai adanya komedo, papul, kista, dan pustul.

10 Skincare untuk Wajah Berjerawat yang Sangat Ampuh Menghilangkan dalam Sekejap

Bagian tubuh yang sering ditumbuhi jerawat antara lain area wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung. Biasanya situasi ini diakibatkan oleh berbagai faktor risiko, meliputi:

  • Faktor genetik.
  • Faktor lingkungan.
  • Faktor hormonal.
  • Faktor gaya hidup, artinya mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, kurang tidur, stres, sampai asupan makanan.
  • Pemakaian kosmetik dan obat-obatan.

Bukan hanya faktor risiko di atas, penyebab utama munculnya jerawat antara lain:

  • Banyaknya kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea.
  • Produksi minyak jerawat (Sebum) yang berlebihan.
  • Perkembangan bakteri Propionibacterium acnes.
  • Proses peradangan sebagai reaksi pada bakteri atau kuman yang muncul di wajah, dan juga pemanfaatan product-product yang dihasilkan bakteri atau kuman itu.

Makanan yang Harus Dihindari Orang yang Berjerawat

Sebelum tahu beberapa jenis makanan penghilang jerawat dan jenis dietnya, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa mengonsumsi diet atau pola makan sehari-hari, juga bisa membuat dan membantu munculnya jerawat pada kulit. Terutama ketika Kamu mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan gula darah lebih cepat.

Ketika gula darah Kamu naik dengam cepat, ia akan mendorong tubuh melepaskan hormon yang disebut insulin. Produksi insulin yang berlebih di dalam darah, bisa menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak. Hal inilah yang menambah risiko kulit berjerawat. Ada makanan yang menyebabkan meningkatnya insulin, yaitu:

  • Spageti atau makanan berbahan tepung
  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Gula

karena mempunyai efek insulin, beberapa makanan itu diakui sebagai karbohidrat “Tinggi glikemik”. Ini artinya sebagian makanan itu terbuat dari gula. Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa makanan product susu, makanan tinggi lemak jemu, dan makanan yang mempunyai kandungan lemak trans. juga merangsang produksi hormon yang bisa membuat minyak berlebih pada kulit.

Maka jangan heran, jika  Kamu sering konsumsi makanan ini dalam keseharian, masalah jerawat akan kerap muncul dibandingkan jika Kamu menerapkan pola makan sehat. Dan dengan banyaknya brand kecantikan lokal maupun luar negeri yang menawarkan product terbaiknya, membuat para acne fighter kebingungan waktu hendak memilih produk manakah yang kiranya cocok.

Rekomendasi skincare untuk wajah berjerawat

Dan untuk membantu kamu didalam memilih, perhatikan ulasan tentang rekomendasi lengkap skincare untuk kulit berjerawat dari mamacantik.id berikut ini.

1. NPURE Cica Facial Wash: skincare untuk wajah berjerawat

Sabun cuci wajah adalah salah satu senjata utama dalam menanggulangi jerawat. Maka dari itu, kamu tidak boleh melewatkan tahapan yang satu ini. Product dari brand yang tengah naik daun ini, menjadi salah satunya pilihan  terbaik.

NPURE Cica Facial Wash mempunyai takaran utama centella asiatica, yang mampu membantu membersihkan wajah dari kotoran agar tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, sabun wajah ini juga bisa merawat kulit berjerawat dan membuatnya terasa lebih halus.

2. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask: skincare untuk wajah berjerawat

Siapa yang tidak mengenal masker wajah yang satu ini? bukan hanya viral, masker dari brand lokal satu ini, juga memiliki kemampuan detokfisikasi kulit yang tidak perlu diragukan lagi.

Charcoal Mint Mud Mask berasal dari Luxcrime ini bisa menangani breakout, white heads, sekaligus melembutkan wajah. Tak semata-mata itu saja, masker yang dibanderol dengan harga seratus ribuan juga bisa mencerahkan dan melembutkan wajah.

3. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner: skincare untuk wajah berjerawat

Merawat kulit berjerawat memang bukan perkara mudah, dan membutuhkan kesabaran ekstra. Tetapi, skincare untuk kulit berjerawat yang satu ini mengklaim dirinya bisa menghilangkan jerawat dalam waktu tiga puluh hari saja.

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner ini mempunyai bahan-bahan aktif, yang mampu memerangi jerawat. Salah satunya adalah kandungan tea tree yang dinilai efektif melawan jerawat. Selain itu, product ini juga berfungsi untuk mencerahkan kulit.

4. Erha Acneact Acne Spot Gel

Spot gel jadi salah satu product perawatan kulit jerawat, yang banyak dicari oleh acne fighter. Salah satunya adalah Erha Acneact Acne Spot Gel yang diformulasikan khusus untuk mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang.

Menariknya, product ini juga terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus noda bekas jerawat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan adanya dark spot dikarenakan jerawat.

5. The Aubree Centella Herb Serum: skincare untuk wajah berjerawat

Bagi kamu yang sedang mencari produk untuk memberikan perawtan intensif bagi kulit berjerawat, The Aubree Centella Herb Serum ini mungkin bisa menjadi solusi alternatif terbaik Pasalnya, serum ini tidak hanya bekerja untuk merawat jerawat, tetapi juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih, menyamarkan bekas jerawat serta mencerahkan kulit wajah.

Baca juga : Skincare untuk kulit kering

6. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment: skincare untuk wajah berjerawat

Brand satu ini dikenal mempunyai formulai dari bahan-bahan alami dan bebas alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif. Spot treatment dari Sensatia Botanicals ini menjadi salah satu diantaranya.

Berkat kandungan lemon dan tea tree di dalamnya, produk ini efektif membantu meredakan jerawat secara optimal. Kandungan lemon sendiri dikenal akan manfaatnya untuk menarik kotoran, dan tea treet sebagai agen anti bakteri alami.

7. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kamu acne fighter yang sedang mencari skincare untuk kulit berjerawat tanpa kandungan alkohol? Produk dari Kiehl’s ini bisa menjadi pilihan terbaik karena menggunakan bahan-bahan herbal dengan sensasi efek yang nyaman, tenang dan lembab pada kulit.

Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner ini dapat membantu menenangkan jerawat yang sedang meradang. Tak hanya itu, Kiehl’s juga mengklaim produknya ini dapat memaksimalkan hasil pembersihan wajah, lho.

8. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Pemilik kulit wajah berjerawat, sebaiknya mulai gunakan produk-produk yang bersifat gentle. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser ini dapat bekerja secara lembut sehingga dapat menghindari risiko iritasi pada tipe acne prone.

Sabun wajah ini juga dapat menjaga kelembapan wajah sehingga tidak menimbulkan efek mencekit usai penggunaannya. Kulit wajah akan bersih, segar dan cerah, serta terhindar dari perasaan kulit kering.

9. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Kita semua tahu bahwa vitamin baik untuk kita (walaupun apakah kita mendapatkan cukup adalah cerita yang berbeda), tetapi di luar tablet suplemen dan diet sehat, ada juga versi topikal yang patut dicoba.

Vitamin C, retinol (alias vitamin A) dan antioksidan lainnya semuanya mendapatkan popularitas dalam perawatan kulit dan sekarang niacinamide — atau dikenal sebagai vitamin B3 — mendapat sorotan. Serum niacinamide favorit penggemar The Ordinary adalah buktinya.

10. Mario Badescu Drying Mask

Masker wajah dari Mario Badescu ini mengandung belerang (sulfur), “bahan tertua yang dikenal untuk membantu peradangan kulit”. Kombinasi sulfur dan zinc oxide dalam masker ini mengeluarkan kotoran dan menghilangkan minyak berlebih, sementara calamine dan mentimun dapat mendinginkan kulit dan memastikan kulitmu tidak iritasi setelahnya. Kamu dapat menggunakannya dua atau tiga kali seminggu — ini juga dapat digunakan sebagai obat totol di area yang berjerawat, lho!

Nah, itu dia sederet rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat yang bisa menjadi pilihan terbaik dalam membasmi jerawat pada wajah. Kira-kira yang manakah produk favorit kamu?

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version