Apakah wajah kamu memiliki tipe berminyak? Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, menggunakan jenis make up yang salah atau caranya juga salah, dapat membuatnya cepat luntur dan tak menarik. Selain itu, ketika kamu memakai make up, kulit kamu sering kali menjadi berminyak sampai-sampai jerawat mulai muncul. Simak tips berikut ini tentang Tutorial Make Up Wajah Berminyak agar tahan lama:

Tutorial Make Up Wajah Berminyak dan rentan berjerawat

Biasanya orang yang memiliki kulit berminyak sering kali kesulitan menemukan make up yang tepat untuk kulinya. Ketika seseorang memproduksi terlalu banyak minyak, tentu make up nya akan lebih cepat luntur, sehingga kamu harus melaukan make up ulang. Hal ini justru akan terasa menyebalkan.

Selain itu Ketika make up bercampur dengan minyak pada kulit, hal ini sering kali memberikan warna yang berbeda pada beberapa bagian wajah. Tentu hal ini sangat mengganggu bukan. Karena itu, banyak orang dengan jenis kulit seperti ini tidak suka memakai make up.

Bca juga: 6 Tips Make Up Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

Mungkin bagi kamu yang mulai ingin memakai make up, tetapi masih terganggu dengan kulit yang berminyak. Mari Simak tips dan Tutorial Make Up Wajah Berminyak berikut agar kamu bisa menggunakan make up dan bertahan dengan lama:

1. Gunakan primer dahulu

Tutorial make up wajah berminyak

Tutorial Make Up Wajah Berminyak agar tahan lama yang pertama adalah dengan menggunakan primer dahulu. Primer merupakan salah satu produk kecantikan yang wajib digunakan kulit berminyak sebelum mengaplikasikan make up. Dengan fungsi primer, make up dapat bertahan lebih lama di wajah.

Pilihlah primer yang mengatakan tidak mengandung minyak dan tidak akan membuat wajah kamu bersinar. Kemudian, aplikasikan primer pada T face, yaitu bagian wajah yang paling berminyak (dahi, hidung, dan dagu). Pastikan wajah kamu bersih sebelum memakai primer, alas bedak, bedak, atau make up lain untuk kulit berminyak.

2. Pilih produk makeup bebas minyak dan noncomedogenic

Tutorial make up wajah berminyak

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa kamu dengan kulit berminyak dan berjerawat harus memilih make up yang bertuliskan “bebas minyak” dan “noncomedogenic” pada labelnya (tidak mudah menyumbat pori-pori).

Selain itu, pilihlah produk makeup yang memberikan hasil akhir matte pada wajah jika kamu memiliki kulit berminyak. Jadi, wajah tidak akan menjadi mengkilap. Ini termasuk perona pipi, bedak, dan perona mata untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Selain itu, carilah make up yang dibuat khusus untuk kamu dengan kulit berminyak atau berjerawat. Biasanya, makeup yang baik untuk kulit berminyak akan bertuliskan “untuk kulit berminyak”, dan makeup yang baik untuk kulit berjerawat akan bertuliskan “untuk kulit berjerawat”.

Baca juga: Jangan Lewatkan! 6 Make Up Pengantin Muslimah Syar I Terbaru yang Akan Membuatmu Memesona!

3. Pertimbangkan produk make up tahan air

Tutorial make up wajah berminyak

Air dan minyak terkadang dapat membuat make up kamu terlihat kusam atau bahkan luntur. Jadi, jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu harus mencari make up yang tahan air. Hal ini terutama berlaku untuk make up mata seperti eyeliner atau eye shadow yang berbentuk krim dan dipakai setelah primer mata.

4. Hindari penggunaan concealer untuk kelopak mata

Jangan gunakan concealer pada kelopak mata kamu jika kamu tidak ingin merusak make up mata kamu. Gunakan primer yang dibuat khusus untuk kelopak mata. Alat-alat rias ini dapat mempermudah pengaplikasian make up mata seperti eyeshadow dan eyeliner, serta dapat menyerap minyak berlebih yang dapat membuat make up mata luntur.

5. Tidak perlu pakai bedak berlebihan

Saat merias wajah, sepertinya hal yang tepat untuk dilakukan adalah membubuhkan bedak tabur. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya tidak menggunakan bedak terlalu banyak. Alasannya adalah terlalu banyak bedak dapat menyebabkan pori-pori menghasilkan lebih banyak minyak. Jadi, setelah beberapa jam memakai make up, kulit akan semakin berminyak.

Kamu dengan kulit berminyak hanya perlu membubuhkan sedikit bedak tabur pada bagian wajah yang berminyak, seperti zona T. Ketika kamu ingin menghilangkan minyak di wajah, bedak tabur bekerja lebih baik. Untuk mengurangi minyak pada kulit, kamu juga dapat menggunakan produk dengan formula matte dan bening.

6. Jangan lupa pelembap

Kamu dengan kulit berminyak harus selalu menggunakan pelembab sebelum merias wajah. Saat memakai pelembab, yang terbaik adalah memilih pelembab yang tidak mengandung minyak atau yang bertekstur ringan, seperti serum. Serum adalah jenis pelembab yang dapat menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya terlihat berminyak.

7. Oleskan sunscreen

Apapun jenis kulit yang kamu miliki, kamu harus menggunakan tabir surya sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu. Kamu dengan kulit berminyak harus selalu memilih tabir surya yang tidak mengandung minyak dan tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, penting juga untuk memilih tabir surya yang berbahan dasar air dan mudah di kulit.

Baca juga: 7 Cara Ber Make Up Sendiri Paling Gampang dan Awet Muda !

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa tabir surya dengan zinc oxide dan titanium dioxide dapat membantu mencegah jerawat. Ada cara untuk mencegah wajah kamu menjadi berminyak setelah menggunakan tabir surya.

Setelah memakai tabir surya dan membiarkannya meresap, tekan tisu ke permukaan wajah untuk menyerap krim ekstra. Kemudian, lanjutkan ke langkah berikutnya dalam rutinitas make up untuk kulit berminyak atau berjerawat.

8. Selalu sedia kertas minyak

Selalu sediakan kertas minyak wajah di dalam tas kamu jika kamu harus keluar rumah. Ya, make up wajah kamu biasanya akan mulai berminyak pada siang hari, tidak peduli seberapa halus dan matte make up kamu di pagi hari.

Jadi, selalu sediakan kertas minyak dan gunakanlah untuk menghilangkan minyak dari wajah kamu. Cara yang tepat untuk menggunakan kertas minyak adalah menekannya dengan lembut pada area kulit yang berminyak, bukan dengan menggosokkannya pada wajah kamu.

Cara Mengurangi Efek Wajah Berminyak

Meskipun kamu menggunakan make up yang dibuat untuk kulit berminyak yang memiliki kandungan tidak akan menyumbat pori-pori, langkah ini tentu tidak akan membuat kulit kamu dari bebas minyak seutuhnya. Lalu bagaimana cara mengurangi wajah berminyak ini agar make up lebih tahan lama?

Jika kamu masih belum puas dengan Tutorial Make Up Wajah Berminyak di atas, kamu bisa menerapkan tips ini untuk membuat make up kamu lebih tahan lama.

· Kamu Harus Sering Mencuci Muka

Jangan gunakan pembersih wajah dengan bahan yang kuat, alkohol, atau aroma yang kuat karena dapat mengeringkan kulit kamu dan membuatnya iritasi. Sebagai gantinya, gunakan pencuci muka dengan bahan yang lembut seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam glikolat.

· Oleskan Toner

Pilihlah toner jika kamu memiliki kulit berminyak untuk membantu menutup pori-pori dan menghilangkan make up yang dapat menyumbat pori-pori.

· Gunakan Masker Dari Tanah Liat

Mineral dalam masker wajah ini, seperti smectite atau bentonit, dapat membantu menghentikan wajah memproduksi terlalu banyak minyak.

· Eksfoliasi Wajah Kamu Secara Teratur

Hal ini dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat di wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari make up kamu, jangan lupa untuk merawat kulit berminyak kamu secara teratur.

Jika kamu masih kesulitan menemukan make up yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, tidak ada salahnya berbicara dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk mana yang terbaik untuk kamu.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version