Sebagai pemilik kulit sensitif dan mudah iritasi, saya tahu betul susahnya mencari product perawatan wajah yang tepat untuk model kulit seperti ini. Salah satu penyebab kulit sensitif adalah skin barrier kulit yang melemah. Hal ini  bisa disebabkan baik karena faktor eksternal seperti perubahan cuaca maupun faktor-faktor internal seperti gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, mamacantik memiliki rekomendasi basic skincare bagi pemula.

Skin barrier alias stratum corneum merupakan lapisan teratas dan terluar dari epidermis kulit. Sebagai bagian kulit yang paling luar, lemahnya barrier ini akan membuat debu dan juga bakteri mudah masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Dari situlah beraneka persoalan kulit akan timbul.  Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas terkait dengan rekomendasi basic skincare bagi pemula.

Apa Saja Rekomendasi Basic Skincare Bagi Pemula?

Untuk mengurangi sensitivitas kulit, kami wajib memperbaiki dan juga menguatkan skin barrier! Berikut ini adalah enam product pilihan yang menurut saya efektif untuk menenangkan kulit sensitif dan juga menguatkan skin barrier. Selamat membaca!

Apa itu Basic Skincare?

rekomendasi basic skincare

Ada banyak sekali metode pemakaian skincare yang terkenal, mulai dari 10 step skincare, Csm, dan masih banyak lagi. Nah, bagi pemula, dianjurkan untuk memulai rutinitas dengan basic skincare dulu, agar menyadari dasarnya dulu baru dilanjutkan dengan menambahkan product sesuai dengan kebutuhan kulit. Kemudian, basic skincare itu apa sih?  Basic skincare adalah rangkaian perawatan wajah paling dasar untuk kebutuhan kulit, jenis apapun.

Mengapa Basic Skincare Penting?

Menjawab  pertanyaan di atas, basic skincare itu penting banget, terutama bagi remaja. Soalnya dengan menyadari basic skincare kamu membangun fondasi kulit yang kuat agar terlindungi dari permasalahan kulit. Selain itu, pemakaian skincare dari paling dasar membuat pengaplikasian product menjadi lebih simple, sehingga kamu tidak membutuhkan banyak product. Cukup pakai product yang dibutuhkan kulitmu, lalu tambahkan yang lain jika ada keluhan baru.

1. Pembersih Wajah dengan Tekstur Balm yang Dapat Mengangkat Segala Makeup

Heimish All Clean Balm  merupakan salah satu makeup remover dengan tekstur balm yang ramah di kulit sensitif. Teksturnya lembut dan mudah meleleh jadi minyak saat digosok lembut di wajah. Tapi, makeup remover ini tetap efektif didalam mengangkat makeup apalagi yang waterproof sekalipun. Setelah menggosok wajah dengan product ini selama 2-3 menit, tambahkan sedikit air untuk mengemulsi dan bilas dengan air sampai bersih.

Setelah mengenakan product ini, wajah akan terasa bersih dan bebas dari makeup tanpa rasa tight atau kering. Kemasan dari  Heimish All Clean Balm ini juga mewah. Selain itu, sudah ada spatula di dalamnya untuk memudahkan mengambil product yang berbentuk balm.

2. Sabun Cuci Muka dengan Busa Lembut dan Melimpah

Senka Perfect Whip adalah salah satu foaming facial wash yang ramah di kulit sensitif. Busanya rich dan dense menyerupai gumpalan gula-gula kapas agar sangat lembut di kulit. Jadi, kalian dapat meminimalisir gesekan langsung antara kulit tangan dengan kulit wajah saat mencuci muka. Menggosok kulit sensitif secara hiperbola dapat membuat kulit jadi semakin sensitif maupun merah.

Cara membusakan Senka Perfect Whip ini pun sangat mudah. Kalian  hanya membutuhkan foaming net dan menambahkan sedikit air. Dengan sabun seukuran biji jagung saja, kalian sudah dapat membuat busa yang melimpah dan cukup untuk membersihkan daerah wajah dan leher.

3. Ekstrak Air Mawar untuk Menenangkan Kulit yang Sedang Iritasi

Semenjak zaman dahulu waktu, ekstrak air mawar sudah dikenal sebagai salah satu bahan skincare yang mempunyai pengaruh menenangkan dan juga melembutkan kulit. Mamonde  Rose Water Toner ini juga memiliki kandungan AHA dengan style lactic acid yang dikenal dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut. Jadi, memang cocok untuk model kulit sensitif. Setelah menggunakan toner ini, kulit yang kemerahan dan jerawat yang meradang langsung jadi tenang.

Product ini juga mempunyai wangi mawar yang lembut karena memang bahan utama dari toner ini adalah 90 Persen air mawar asli. Aplikasikan toner ini langsung setelah cuci muka dengan cara ditepuk-tepuk lembut pada wajah dengan menggunakan kapas.

Mamonde Rose Water Toner ini juga dapat digunakan sebagai masker. Caranya adalah rendam beberapa kapas dengan product ini, kemudian gunakan untuk mengompres wajah selama 10 menit.

4. Serum dengan Takaran Utama 66prosen Bamboo Water dan Hyaluronic Acid

Serum ini menarik perhatian saya semenjak pertama kali melihatnya. Dengan takaran utama bamboo water sebanyak 66 Persen, Soothe Bamboo Serum ini punyai konsistensi menyerupai minyak. Serum ini bisa melembapkan kulit dan juga meredakan kemerahan dan menenangkan jerawat hanya dalam beberapa kali penggunaan. Karena memiliki kemampuan melembapkan yang sangat baik, product ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai kulit sensitif dan cenderung kering.

Selain bamboo water, persentase lain dalam serum ini adalah hyaluronic acid dan polyglutamic acid. Kedua jenis acid ini sanggup menembus dan melembapkan lapisan kulit yang lebih di dalam. Hal ini sudah saya buktikan sendiri. Setelah menggunakan serum ini selama kurang lebih 2 minggu, wajah saya jadi lebih kenyal dan lembut. Wajah saya juga tidak dulu tampak lelah atau kering lagi.

5. Pelembap Khusus untuk Kulit Sensitif yang Dapat Menyeimbangkan Kandungan Air di Wajah

rekomendasi basic skincare

Setelah melembapkan kulit sampai ke lapisan didalam dengan serum, kini saatnya mengunci kelembapan itu dengan menggunakan pelembap. Jadi, kelembapan itu tetap tersimpan didalam kulit. Emulsion dari Laneige ini diformulasikan dengan rye extract yang dapat menguatkan skin barrier dan juga menenangkan kulit yang tengah iritasi. Product ini sanggup memperbaiki persentase air di kulit dan juga menghindar evaporasi kelembapan dari didalam kulit.

Tekstur dari emulsion ini menyerupai lotion cair yang mudah dibaurkan dan langsung meresap ke dalam kulit. Product ini dapat digunakan dengan metode layering di saat kulit terasa lebih kering dan membutuhkan kelembapan lebih. Karena itu, emulsion ini merupakan salah satu product wskincare yang menurut saya sangat versatile.

6. Sunscreen dengan Tekstur Menyerupai Air yang Ringan dan Mudah Meresap

Sunscreen merupakan product skincare yang wajib dimiliki. Tetapi, sayang sekali kebanyakan sunscreen mempunyai kandungan bahan yang membuat kulit sensitif jadi iritasi maupun berjerawat. Salah satu sunscreen andalan saya adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence  with Micro Defense ini. Teksturnya ringan dan menyerupai air. Jadi, mudah diserap oleh kulit dan tidak meninggalkan sisa white cast maupun rasa lengket di wajah.

Baca Juga:

Selain dapat berfungsi sebagai sunscreen, product ini juga mempunyai pengaruh blurring pore. Oleh karena itu, product ini dapat digunakan sebagai utama sebelum pengaplikasian makeup. Kemudian, sunscreen asal Negeri Sakura satu ini juga memiliki formula waterproof . Jadi, dapat digunakan untuk kegiatan outdoor seperti sebelum berenang juga.

Itulah, beberapa ulasan yang membahas tentang rekomendasi basic skincare dengan beberapa ulasan diatas semoga dapat mengetahui basic skincare yang sudah direkomendasikan.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version