Cara merawat muka agar tidak kusam banyak macamnya, kulit kusam sering membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Kulit kusam disebabkan oleh banyak faktor. Seperti sering terkena sinar matahari dan polusi. Hal itu pasti membutuhkan cara merawat muka kusam.

Hampir setiap orang ingin kulit sehat dan bersinar. Tetapi sayangnya, sebagian orang mengalami kasus kulit kusam yang terlihat tidak sehat, tidak cerah, dan terdapat bintik hitam. Berikut cara merawat muka kusam jadi lebih glowing dan tampak bersinar.

Penyebabnya bervariasi, seperti kulit muka yang kering, kekurangan vitamin c, terkena sinar UV , dan juga kurangnya eksfoliasi. Faktor internal seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur juga dapat sebabkan kulit jadi kusam, yuk kenali beberapa cara merawat muka kusam dibawah ini.

Cara Merawat Muka Kusam Jadi Lebih Glowing

1. Tidur dengan Cukup

Cara merawat muka agar tidak kusam yang pertama yaitu dengan mengatur jam tidur. Pastikan Kamu tidur selama 7-8 jam per harinya. Tidur dengan cukup dapat membantu mengoptimalkan regenerasi kulit. Kurang tidur dapat mencegah proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, hal itu memicu kulit terlihat kusam.

Beristirahat cukup dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit. Oleh karena itu, beristirahatlah dengan cukup untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan kesehatan kulit Kamu.

2. Rajin Mencuci muka

Setelah beraktivitas seharian, pasti debu dan kotoran menempel di muka. Mencuci muka merupakan salah satu cara mengangkat kotoran dan debu dan juga dapat menghindari agar muka tidak kusam. Pastikan Kamu mencuci muka minimal dua kali sehari, Kamu juga dapat menggunakan cleanser dan toner untuk membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel di muka.

3. Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

cara merawat muka kusam

Mengkonsumsi air putih dapat membantu memenuhi cairan didalam tubuh. Kurangnya mengkonsumsi air putih dapat membuat kulit terlihat kusam dan kering.

Jika Kamu merasa kurang konsumsi air putih, mulai sekarang, konsumsilah air putih secara cukup yaitu minimal 8 gelas per hari. Lakukan setiap hari secara rutin untuk mempertahankan kulit tetap lembab, sehat dan tidak kusam.

4. Rajin Berolahraga

Berolahraga dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya kesehatan kulit. Ketika seseorang berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci di dalam pori-pori lewat keringat. Tidak hanya itu, dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat dan bugar.Kamu dapat menjalankan olahraga seperti jalan santai, bersepeda atau berlari.

Olahraga adalh salah satu yang dapat membantu tubuh rileks dan terhindar dari stres. Stres merupakan salah satu faktor pemicu menjadikan kulit kusam. Ini karena ketika seseorang tengah stres, aliran darah menuju muka akan berkurang. Hal itu yang menyebabkan kulit muka jadi kusam.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara merawat muka agar tidak kusam selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Apabila Kamu kurang suka konsumsi buah dan sayur, sebaiknya langsung ubah norma itu. Mulai lah untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Tidak sekedar itu, persentase vitamin C dan nutrisi penting lainnya dapat mencerahkan kulit dan dapat menghindari penuaan dini.

6. Gunakan Masker Alami

Tidak hanya menerapkan pola hidup sehat, merawat kulit muka dengan bahan alami juga harus Kamu lakukan. Beberapa bahan alami seperti pepaya, sampai putih telur dapat Kamu gunakan sebagai masker, untuk cara tersebut sangatlah mudah, yuk simak di bawah ini.

Cara membuat masker putih telur pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal menggunakan mengambil bagian putih telur lalu kocok. Setelah itu, oleskan merata ke kulit muka, tunggulah sampai kering, lalu bilas dengan air dingin. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat membuat masker dengan campuran buah pepaya dan nanas.

Caranya, dengan mencampurkan 1 sendok jus nanas ke dalam 1/4 cangkir pepaya mentah yang sudah dihaluskan, setelah tercampur rata, oleskan ke muka selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas dengan air.

7. Menggunakan Pelembab Disesuaikan Tipe Kulit

Tidak hanya rajin mencuci muka, menggunakan pelembab untuk kulit muka pun harus lah dijalankan. Tetapi, jangan asal memilih pelembab, pilihlah disesuaikan dengan tipe kulit Kamu, kenali model kulit Kamu terlebih dahulu. Jika kulit Kamu berminyak, gunakan pelembab muka yang non komedogenik.

Untuk kulit sensitif gunakan pelembab yang hipoalergenik. Sedangkan jika kulit Kamu kering, gunakan pelembab yang mempunyai kandungan asam hialuronat, gliserin, dimetikon dan lanolin. Salah satu pelembab yang bisa Kamu andalkan adalah Olay & Regenerist Whip Uv. Hasil pada akhirnya yang matte dan tidak berminyak juga membuatnya tidak hanya dapat melembabkan, tetapi juga bisa jadi make up utama.

8. Lakukan Eksfoliasi

cara merawat muka kusam

Salah satu penyebab kulit kusam yaitu menumpuknya sel kulit mati di muka. Sel kulit mati di muka dapat diangkat dengan melaksanakan eksfoliasi, Kamu dapat jalankan eksfoliasi sendiri di rumah. Caranya dengan menggunakan bubuk kopi. Langkahnya pun cukup mudah.

Campurkanlah setengah cangkir kopi dengan secangkir gula merah, satu sendok madu dan dua sendok teh susu. Campurkan secara merata dan oleskan perlahan ke muka. Gosoklah dengan perlahan, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan eksfoliasi 2 sampai 3 kali seminggu. Eksfoliasi ini memiliki banyak manfaat yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, menghambat pori-pori tersumbat sampai mencerahkan kulit.

9. Menggunakan Pelembab dan Tabir Surya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan rusaknya pada kulit, oleh Karena itu, cara mengatasi kulit kusam bisa dikerjakan dengan menggunakan tabir surya, terutama apabila Kamu tengah beraktivitas di luar ruangan.

Pilihlah tabir surya atau sunscreen yang disesuaikan dengan standar untuk mencegah dampak dari sinar UVA dan Uvb. Tak hanya sunscreen, juga usahakan selalu menggunakan pelembab muka dua kali sehari, terutama saat pagi dan hendak tidur untuk mempertahankan kelembaban dan menghindari kulit kusam.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori Pori dengan Harga Ekonomis

10. Jangan Membasuh Muka dengan Air Panas

Cara agar muka tidak kusam bisa dikerjakan dengan mencuci muka menggunakan air biasa. Saya sarankan untuk Kamu hindari air panas untuk membasuh muka karena dapat membuat iritasi. Tidak cuman itu, saat tengah membasuh muka, pakailah sabun pembersih muka yang kondusif dan melembabkan.

Terkadang muka kusam bisa membuat seseorang tidak percaya diri untuk bertemu orang baru, maka dari itu jagalah muka Kamu agar dapat terhindar dari muka kusam, Itulah yang bisa Kamu lakukan cara merawat muka kusam, semoga menjadi referensi bagi Kamu yang ingin merubah dari yang kusam menjadi glowing atau wajah semakin cerah, semoga artikel ini bisa membantu Kalian semuanya ya, terimakasih.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version