Bruntusan merupakan salah satu permasalahan kulit, yang sering terjadi, karena pori-pori wajah tersumbat oleh minyak dan kotoran yang menempel. Meski bruntusan tidak separah jerawat, tetapi permasalahan kulit ini tentunya dapat mengganggu penampilan. Dan pastinya, kamu akan mencari skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat.

Oleh karena itu, penulis akan menyajikan beberapa rekomendasi skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Tapi sebelumnya, kita akan membahas tentang penyebab bruntusan di jidat. Ada beberapa penyebab bruntusan di jidat. Mulai dari kebersihan rambut sampai dampak hormon. Dan berikut daftarnya dari Mamacantik.

Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan di Jidat

skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat

1. Rambut kotor

Khusus di jidat, bruntusan bisa muncul karena masalah kebersihan rambut. Apalagi jika Kamu punya poni yang menjuntai, dan menutupi tempat jidat. Kotoran yang ada di rambut, bisa langsung menempel ke tempat ini. 

Kotoran di rambut bisa terjadi, karena faktor lingkungan sampai ketidakcocokan dengan product-product perawatan rambut yang digunakan. Nantinya, kotoran dari rambut akan menyumbat pori-pori wajah di tempat jidat, sehingga bisa memunculkan bruntusan.

2. Kurang memperhatikan kebersihan wajah

Bukan hanya dari rambut, wajah yang kurang bersih juga bisa memunculkan bruntusan di area jidat. Sama halnya dengan rambut, masalah kebersihan wajah bisa muncul karena rutinitas membersihkan wajah, sampai product yang digunakan.

3. Kebiasaan menyentuh jidat

Kebiasaan tangan menyentuh jidat, juga bisa menjadi penyebab bruntusan di jidat. Apalagi jika tangan tidak terjamin kebersihannya. Dan seperti yang kita tahu, tangan juga bisa jadi media transfer kuman dan kotoran. 

4. Efek mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, ternyata bisa merubah hormon dan menimbulkan bruntusan di area jidat. Misalnya, kadar zat steroid bisa bereaksi ke kulit. Zat lain yang juga bisa menimbulkan efek samping berupa bruntusan adalah antikonvulsan, barbiturat, sampai litium.

5. Polusi

Paparan polusi di udara dan air juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga muncul bruntusan. Untuk itu, pastikan kebersihan air yang digunakan untuk membersihkan wajah. Dan pencegahan untuk polusi di udara, Kamu bisa memakai aksesori khusus untuk menghalau polusi menempel di jidat, misalnya topi atau faceshield.

Tetapi hati-hati, pemakaian aksesori juga bisa menimbulkan iritasi pada area jidat. Terkadang, bahan aksesoris yang benar-benar ketat dan tidak menyerap keringat, justru menimbulkan iritasi sehingga bisa menjadi penyebab bruntusan di jidat.

6. Menggunakan make up

Pemanfaatan make up dengan kandungan yang tidak cocok di kulit, juga bisa mengakibatkan bruntusan. Apalagi jika make up yang digunakan dalam waktu yang lama, dan tidak dibarengi dengan pembersihan seluruhnya.

Karena, pengaplikasian make up yang tebal pada wajah akan menyumbat pori-pori. Jika wajah tidak bersih dari sisa make up, lama-kelamaan akan menyebabkan bruntusan.

7. Konsumsi makanan berminyak

Mengkonsumsi makanan berminyak akan mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih. Minyak itu dapat menyumbat pori dan memunculkan bruntusan.

8. Perubahan hormon

Fase kehidupan seperti pubertas, menstruasi, sampai kehamilan, bisa membuat perubahan hormon. Karena, fase-fase ini membuat hormon-hormon tertentu muncul. Misalnya, hormon reproduksi yang berdampak ke pertumbuhan seksual. Perubahan hormon itu bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan.

9. Stres

Pekerjaan yang menumpuk, kelelahan, sampai kurangnya jam tidur, bisa menyebabkan stres. Dan stres yang tidak dikelola dengan baik, juga bisa menjadi penyebab bruntusan di jidat. Dikarenakan, stres bisa membuat perubahan hormon. Apalagi jika stres dibarengi dengan pola hidup yang kurang sehat.

Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan di Jidat

1. Somethinc Skin Solver Bebas Breakout dan Beruntusan

Brand Somethinc mengeluarkan product terbarunya bagi mereka yang punyai kasus bersama dengan breakout dan bruntusan di wajah. Bersama persentase Bakuchiol yang terkandung di dalamnya, sanggup sebabkan muka tampak lebih awet muda, menutrisi kulit berasal dari di dalam, dan kurangi flek hitam di wajah.

2. Hada Labo Gokujyun Premium

Kitajuga dapat memilih Gokujyun Premium Ultimate Moisturizing sebagai skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Bersama 5 jenis hyaluronic acid, product skincare satu ini bisa menambah hidrasi kulit dan meresap hingga ke epidermis terdalam. Teksturnya yang layaknya serum membuatnya terasa gampang dan bukan lengket.

3. Emina Ms Pimple Acne Solution

Skincare berbentuk gel berasal dari Emina satu ini mampu kamu jadikan sebagai keliru satu skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Di mana pengaplikasiannya dapat segera ke tempat wajah sehingga bruntusan bukan semakin menyebar. Tidak cuman kurangi bruntusan, product berasal dari Emina yang satu ini juga berfaedah untuk kurangi jerawat dan mengontrol sebum.

4. Senka Perfect Whip Fresh

Senka adalah salah satu merek skincare dari Jepang yang cukup terkenal karena terbukti efektif untuk menghilangkan bruntusan. Dengan menggunakan Senka Perfect Whip Fresh sebagai facial foam, pembersih wajah ini mampu mengangkat segala penyebab bruntusan di muka, seperti debu, minyak berlebih, dan sisa makeup.

5. Elshe Skin Acne Treatment Series

Brand kecantikan Elshe Skin menghadirkan skincare series yang khusus untuk perawatan masalah jerawat dan masalah bruntusan. Ada beberapa produk yang termasuk dalam acne treatment series, mulai dari cleansing wash, toner, moisturizer, hingga night cream. 

Dengan formula salicylic acid, lipo hydroxy acid, serta bahan anti acne, maka skincare Elshe Skin tersebut mampu mengurangi minyak berlebih dan membantu mencegah timbulnya jerawat.

6. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Perfect Hydrating adalah produk dari brand Avoskin memiliki konsentrasi tinggi dalam ukuran 100 ml, produk essence dari Avoskin ini efektif untuk menghilangkan bruntusan. Di samping itu, produk ini juga berfungsi untuk melembabkan, mencerahkan wajah secara alami, hingga membuat kulit wajah terasa lebih lembut.

7. Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua UV Moisture Gel dengan SPF 30++ merupakan produk sunscreen yang memiliki tekstur cair dengan bahan dasar air. Produk skincare satu ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B5, dan vitamin E yang mampu menutrisi kulit dan melawan bruntusan pada wajah. 

8. Erha Acneact Acne Sun Friendly

Skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya berikut ini sangat baik digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, yang mampu melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UVA dan UVB. 

9. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Untuk mengatasi minyak berlebih penyebab bruntusan, produk pembersih wajah adalah hal yang wajib. Di sini, kamu bisa memilih Cetaphil Gentle Skin Cleanser sebagai produk pembersih wajah di pagi atau malam hari. Mempunyai tekstur yang lembut serta tidak lengket, Gentle Skin Cleanser bisa mengurangi kadar minyak dengan baik dan cocok untuk segala jenis kulit.

10. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling

Face wash dari Hada Labo yakni Tamagohada Mild Peeling bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan mengurangi resiko munculnya bruntusan pada muka.  Produk ini memiliki kandungan alami yang tidak menggunakan zat pewarna maupun zat pewangi, sehingga aman untuk digunakan secara rutin.

Itulah beberapa produk skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa kamu jadikan pilihan. Pahami juga bahwa penggunaan produk skincare haruslah sesuai dengan jenis kulit wajah, agar bruntusan tidak semakin meradang.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version